Gubernur NTB: Pertumbuhan Ekonomi Tanpa Pemerataan Tidak Bermakna

77

RABU, 22 MARET 2017

MATARAM — Seberapa besar pertumbuhan ekonomi, tapi kalau tidak dibarengi dan mencerminkan keadilan pemerataan kesejahteraan ekonomi bagi masyarakat, maka tidak memiliki makna apa-apa.

Gubernur NTB, Zainul Majdi.

“Pertumbuhan ekonomi yang baik, apabila pertumbuhan tersebut diiikuti dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata Gubernur NTB, Zainul Majdi di Mataram, Rabu (22/3/2017).

Menurutnya, selama ini meski secara statistik, pertumbuhan ekonomi NTB mengalami kenaikan cukup menggembirakan. Sayangnya perekonomian banyak dikuasai dan dinikmati pemodal besar, sementara distribusinya kepada pelaku ekonomi kecil sangat kecil.

Sehingga dengan demikian, secara langsung mengakibatkan terjadinya peralihan aktor ekonomi dari masyarakat kecil, ke tangan para pemodal besar.

“Untuk itulah, penguatan pelaku usaha kecil seperti Usaha Kecil dan Menengah (UKM) harus terus dilakukan, baik melalui kebijakan maupun bantuan permodalan. Dengan demikian pertumbuhan ekonomi bisa dirasakan masyarakat bawah.”

Majdi juga meminta kepada Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Swasta (BUMS) termasuk industri perbankan dan jasa keuangan lain, bisa lebih banyak ikut berkontribusi mendukung proses pembangunan dan pengentasan kemiskinan yang dijalankan Pemda NTB.

Jurnalis: Turmuzi/Redaktur: Irvan Sjafari/Foto: Turmuzi

Komentar