Gulai Kambing dan Opor Ayam, Makanan Bersantan di Brebes

74

MINGGU, 26 MARET 2017

BUMIAYU — Warung makan H. Nursholeh di Pedukuhan Karang Dempul, Desa Jati Sawit, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, berdiri sejak 1999. Warung ini menjadi salah satu rujukan bagi para pecinta kuliner dengan jenis masakan daging yang bersantan.

Gulai Kambinng H. Nusrsholeh

 Warung H. Nursholeh khusus menyediakan sate dan gulai kambing muda. Satenya terkenal empuk dan masakan gulai kambing mudanya juga tidak kalah enak. Setiap hari, tidak kurang dari 50 porsi gulai kambing ludes terjual. Hj. Aeni, istri H. Nursholeh mengatakan, di awal berdirinya warung ini hanya sebuah gubug kecil dengan karyawan dua orang. Maksimal setiap hari juga hanya memotong satu ekor kambing.

“Tapi, alhamdulillah dari tahun ke tahun usaha kami selalu meningkat, tidak pernah surut. Sampai akhirnya kami suami istri bisa berangkat haji pada 2009, bisa menyekolahkan dan menguliahkan anak-anak kami. Hinga sekarang warung ini semakin besar dengan jumlah karyawan 16 orang, dan setiap harinya minimal lima ekor kambing kami sembelih untuk dibuat sate dan gulai kambing,” katanya.

Hj, Aeni

Menurut Aeni, usaha itu dimulai karena sebelumnya sang suami sering berkecimpung dengan berbagai jenis daging. Berbekal pengetahuan suami yang pandai memilih dan mengolah daging itu, Aeni mencoba membuka warung sate dan gulai kambing. Benar saja, keterampilan Nursholeh memilih daging, memasak dan meracik bumbu banyak disukai oleh pelanggan. Dan, biasanya yang dibuat gulai adalah bagian jeroan seperti usus, paru, babat, tulang sumsum, dan tulang iga. “Dalam bisnis itu kuncinya ulet, disiplin, bekerja keras, dan mengutamakan kepuasan pelanggan serta bagi seorang muslim ditambah sholat malam dan memperbanyak sedekah,” kata Aeni.

Sementara itu, salah seorang pelanggan setia warung ini, Erly, mengaku sangat menyukai masakan gulai kambing khas Nursholeh. Menurutnya, gulai di warung Nursholeh ini sangat khas. “Biasanya gulai itu sangat kental dengan santan dan menyebabkan kolesterol, tapi gulai di sini tidak begitu kental dan ada rasa yang khas,” katanya.

Namun demikian, jika tak suka dengan masakan sate dan gulai kambing, masih ada warung makan bernuansa santan lainnya. Yaitu, opor ayam. Warungnya berada di Desa Benda, Sirampog, Brebes. Warung makan milik Rori Al Bandawi itu menyediakan berbagai jenis masakan dan yang perlu dicoba adalah kelezatan opor ayam yang tiada duanya.

Opor ayam Rori Al Badawi

Menurut Rori, warung makannya yang baru berusia satu tahun ini sudah mempunyai pelanggan tetap dari berbagai kalangan. Resep masakannya dibuat oleh sang istri yang hobi memasak. “Meski masih baru di dunia kuliner, tapi respon masyarakat bagus, bahkan ada beberapa instansi swasta yang mempercayakan menu harian makan siang untuk karyawannya kepada kami.” kata Rori.

Jurnalis: Adi Purwanto/ Editor: Koko Triarko/ Foto: Adi Purwanto

Komentar