Gunung Pegasingan yang Mempesona di Lombok

61

MINGGU, 19 MARET 2017

LOMBOK — Selain kawasan Taman Nasional Nasional Gunung Rinjani (TNGR), dan kawasan puncak Gunung Sembalun, salah-satu kawasan pegunungan di Pulau Lombok yang banyak dijadikan sebagai tujuan melakukan pendakian dan penginapan adalah Gunung Pegasingan.

Pemandangan dari atas Gunung Pegasingan

Seperti halnya Gunung Rinjani, Gunung Pegasingan di Desa Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat juga memiliki pesona pemandangan yang tidak kalah mengagumkan, dengan kondisi perbukitan yang masih tampak hijau dan alami.

Mengingat Gunung Pegasingan sendiri merupakan bagian dari Gunung Rinjani berlokasi tak jauh dari Desa Wisata Sembalun, bagian utara, dengan ketinggian 1670 meter di atas permukaan laut. Dari atas Gunung Pegasingan, wisatawan bisa menikmati keindahan alam pertanian Desa Sembalun yang tampak hijau, oleh hamparan berbagai jenis tanaman sayuran, membuat pemandangan alam di sekitar Gunung Pegasingan semakin tampak indah.

“Pemandangan paling indah dan banyak disukai wisatawan adalah di waktu pagi dan sore hari, menyaksikan keindahan sunrise dan sunset yang nampak indah dengan hiasan hamparan warna-warni persawahan dan Desa Sembalun yang tidak akan pernah terlupakan,” kata Suatu, kepada Cendana News, Minggu (19/3/2017).

Tidak heran banyak, di antara wisatawan mengabadikan keindahan pemandangan alam Gunung Pegasingan, dengan melakukan selfy maupun sekedar menjepret pemandangan alam sekitar. Gunung Pegasingan biasa ramai dikunjungi warga sekitar maupun wisatawan yang hendak melakukan pendakian pada Sabtu dan Minggu. Tidak sedikit di antara wisatawan menginap dengan mendirikan tenda.

Dibandingkan Gunung Rinjani, pendakian Gunung Pegasingan tidak begitu berat. Untuk pendakian normal, kira-kira bisa ditempuh selama 2-3 jam berjalan kaki. Karena itu, mendaki Bukit Pergasingan ini cocok bagi yang ingin naik ke Gunung Rinjani.

Meski demikian, wisatawan harus tetap hati-hati melakukan proses pendakian sampai kepuncak bukit, karena harus melewati jalur tanah bebatuan yang bisa membahayakan pendakian dengan kemiringan berkisar 60-70 derajat.  Untuk menuju Gunung Pegasingan, wisatawan bisa menggunakan mobil atau sepeda motor rencar. Tiket masuk juga cukup terjangkau, hanya Rp15.000.

Bukit ini bisa dibilang salah-satu tempat wisata yang keren di Lombok. Karena pemandangan yang bisa dilihat sepanjang pendakian hinggga ke puncak bukit amat beragam. Misalnya, pemandangan persawahan yang membentuk pola kotak-kotak, Gunung Rinjani yang kokoh, pemukiman Desa Sembalun yang tenang, hingga lanskap perbukitan yang begitu menawan.

Jurnalis: Turmuzi/ Editor: Koko Triarko/ Foto: Turmuzi

Komentar