Harapkan Pemain Berkualitas, PSSI NTT Minta Hidupkan Kompetisi Berjenjang

61

RABU, 22 MARET 2017

MAUMERE — Asosiasi Provinsi (Asprov) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) NTT meminta agar Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Sikka, menghidupkan kembali kompetisi sepakbola yang berjenjang sesuai umur antarklub maupun antarsekolah sepak bola agar bisa mendapatkan bibit pemain yang berkualitas.

Ketua Askab PSSI Sikka 2017-2021, Agustinus Boy Satrio.

Demikian pesan yang disampaikan Sekretaris Asprov PSSI NTT, Lambertus Ara Tukan, saat melantik pengurus Askab PSSI Sikka masa bakti 2017-2021 di aula kantor Bappeda Sikka, Rabu (22/3/2017).

Dikatakan Lambert, sapaannya, untuk mewujudkan hal ini diperlukan tiga komitmen yang harus dilakukan, yakni pertama pengurus yang sudah dilantik untuk masa jabatan 4 tahun ke depan harus membangun kerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan dan lembaga di daerah.

“Kita harus membangun kerja sama baik dengan pemerintah dan DPRD serta lembaga-lembaga donatur yang peduli terhadap perkembangan sepak bola di Sikka dan NTT,” pesannya.

Permintaan kedua, Lambert  berharap agar semua pengurus yang sudah dilantik berkomitmen dan bekerja bersama dengan menggandeng pemerintah guna membangun negeri ini dari cabang olahraga sepak bola. Lambert juga dalam pesan ketiganya berharap agar jangan sampai ada perpecahan di dalam tubuh pengurus  sebab persaudaraan dan kebersamaan merupakan harga mati untuk membesarkan cabang sepak bola.

Sementara itu, Ketua Askab PSSI Sikka, Agustinus Boy Satrio, dalam sambutannya mengatakan, pihaknya sudah membangun komitmen untuk membuat kompetisi antarklub sepak bola memperebutkan piala bupati Sikka beberapa bulan ke depan.

“Kami akan laksanakan pertandingan setiap hari Sabtu dan Minggu sebab banyak pemain yang masih bersekolah dan pengurus klubnya pun banyak yang bekerja sehingga bisa lebih efektif meskipun waktu kompetisinya lama,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sikka ini, Askab PSSI Sikka akan membangun kerja sama dengan Dinas Pendidikan, Kebudayaan dan Olahraga Sikka untuk membuat kompetisi usia dini selain juga pertandingan antarklub memperebutkan piala Dinas Pekerjaan Umum yang baru selesai digelar dan direncanakan berlangsung setiap tahun.

“Saat ini kami sedang membuka pendaftaran bagi klub yang akan mengikuti kompetisi memperebutkan piala bupati Sikka yang akan segera dilaksanakan,” ungkapnya.

Sedangkan Bupati Sikka Yoseph Ansar Rera selaku Ketua Koni Sikka dalam sambutannya mengatakan, pihaknya sedang bekerja sama dengan Askab PSSI Sikka untuk membuat desain rehab Gelora Samador agar lapangan sepak bola ini bisa lebih layak dipergunakan saat kompetisi.

Gedung olahrga ini pun, lanjut Ansar, direncanakan didesain lebih baik dengan mengadopsi unsur budaya dan agama sebab bangunan ini ada nilai sejarah keagamaannya, pernah dipergunakan saat kunjungan paus ke Maumere.

Sekretaris Asprov PSSI NTT melantik kepengurusan Askab PSSI Sikka.

“Untuk itu perlu kebersamaan dan kekompakan serta memiliki tekad bersama untuk memajukan sepak bola di Kabupaten Sikka dan pemerintah siap mendukung langkah yang akan diambil Askab PSSI Sikka,” pungkasnya.

Jurnalis: Ebed de Rosary / Editor: Satmoko / Foto: Ebed de Rosary  

Komentar