Ini Cara SMPN 2 Depok Bersahabat dengan Air

93

RABU 22 MARET 2017
DEPOK — Berada pada lokasi bekas rawa-rawa memberikan berkah untuk SMPN 2 Depok.  Sekolah yang berlokasi di Jalan Bangau Raya, Kelurahaan Depok Jaya itu memiliki tiga mata air. Salah satu di antara mata air itu dimanfaatkan menjadi kolam hias dan empang.

Sumber mata air di dekat Ruang Wakil Kepala Sekolah.

 Staf Sarana dan Prasarana Bidang Lingkungan SMPN 2 Depok, Yayan Supriyatna ketika ditemui Cendana News menunjukkan ketiga titik mata air itu, masing-masing berada di bagian selatan sekolah, dekat ruangan kepala sekolah, di pojok sekolah dekat ruang kelas di bagian barat daya, serta di sebelah utara di depan laboratorium matematika.

“Yang di sebelah utara kami atur sedemikian rupa agar menyerupai habitat asli. Hal itu dimaksudkan untuk mempertahankan Ruang Terbuka Hijau di wilayah sekolah,” ujar Yayan.

Menurut guru mata pelajaran seni rupa ini selain sumber mata air, sekolah yang mendapat penghargaan Wawasan Wiyata Mandala pada 1995 ini juga mempunyai Sumur Resapan.

“Sumur ini dibuat sebagai langkah antisipatip dalam menghadapi kemarau panjang.  Keberadaan sumur resapan ini,” jelas Yayan.

Ternyata keberadaan sumur ini bermanfaat menjadi stimulus bagi tumbuhan yang ada di kompleks SMP Negeri 2 Depok menjadi lebih rimbun. Pembuatan sumur resapan ini dilakukan dalam jangka antara 5-10 tahun belakangan.

Mekanisme kerja sumur resapan ini, ketika musim penghujan sumur resapan menyimpan sebagian air hujan dan ketika musim kemarau air hujan akan meresap ke tanah di kompleks sekolah yang berdiri sejak 1976 ini.

“Jadi andaikata kemarau panjang seperti ketika pada 2015, kami sudah siap,” pungkasnya.

Sumber mata air yang dibuat sesuai habitat alami.   

Sumur resapan.

Jurnalis: Yohannes Fajar Nugroho/Redaktur: Irvan Sjafari/Foto: Yohannes Fajar Nugroho

Komentar