Jelang Hari Raya Nyepi, Pelabuhan Lembar NTB Akan Ditutup

86

SENIN, 27 MARET 2017

LOMBOK — Jelang pelaksanaan ibadah Nyepi bagi umat Hindu yang jatuh pada Selasa 28 Maret 2017 besok, aktivitas penyebrangan kapal dari dan menuju pelabuhan Lembar, Kabupaten Lombok Barat (Lobar), Nusa Tenggara Barat (NTB) akan ditutup.

Supervisor ASDP Pelabuhan Lembar, Windra Soelistiawan

“Penutupan sendiri akan dilakukan pihak ASDP Pelabuhan Lembar mulai pukul 20.00 WIT dan akan kembali beroperasi pada tanggal 29 Maret 2017, pukul 03.00 WIT dini hari,” kata Supervisior ASDP Pelabuhan Lembar, Windra Soelistiawan di Mataram, Senin (27/3/2017).

Ia mengatakan, terkait penutupan tersebut pihaknya sebelumnya telah melakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada masyarakat alasan dilakukan penutupan dan itu sudah biasa dilakukan setiap tahun.

Sehingga memang aktivitas penyeberangan, khususnya dari Pelabuhan Lembar ke Pelabuhan Padang Bae Bali sudah mulai sepi, hanya ada satu kapal yang masih ada beroperasi.

“Sudah mulai sepi kalau keberangkatan dari sini, tapi kalau kedatangan dari Pelabuhan Padang Bae Bali masih banyak dan tetap dilayani sampai penutupan pada pukul 20.00 malam nanti,” kata Windra.

Ditambahkan, untuk kendaraan yang akan menyeberang ke Pelabuhan Padang Bae, tanggal 29 tetap dilayani dan ditampung di halaman parkir pelabuhan sampai dibuka kembali pada pukul 03.00 WIT.

Dengan ditutupnya Pelabuhan karena ibadah Nyepi bagi umat hindu, terdapat 24 kapal dan trip penyebrangan yang harus ditunda keberangkatannya, dengan jumlah penumpang per hari mencapai 300 hingga 400 penumpang, yang terdiri dari pejalan kaki dan diatas kendaraan.

“Untuk kendaraan seperti truk sendiri rata-rata perhari mencapai 200 kendaraan, sementara kendaraan pribadi sampai 30 kendaraan setiap harinya,” katanya.

Jurnalis : Turmuzi / Redaktur : ME. Bijo Dirajo / Foto : Turmuzi

Komentar