Kelurahan Kebon Melati Belum Memiliki Puskesmas

0
19

SENIN, 20 MARET 2017
JAKARTA — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengakui sedang terkendala untuk pembangunan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kelurahan Kebon Melati, Jakarta Pusat. Lokasi yang akan dijadikan Puskesmas terdapat lapangan futsal.

Plt Gubernur DKI Jakarta, Sumarsono.

Warga tidak mau lapangan futsal itu hilang demi dibangunnya Puskesmas. Keadaan itu menjadikan Kelurahan Kebon Melati menjadi satu-satunya Kelurahan di Provinsi DKI Jakarta yang belum memiliki Puskesmas.

Pernyataan itu disampaikan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Soni Sumarsono di Balaikota, Jakarta Pusat, Senin (20/3).

“Kebon Melati itu kelurahan satu-satunya yang tidak memiliki puskesmas. Sudah diprogramkan untuk bangun puskesmas seluas 555 meter persegi. Hanya saja di lahan yang hendak dibangun puskesmas terdapat  lapangan futsal. Pihak pemuda tidak mau lapangan futsal digusur,” kata Sumarsono di Balaikota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Senin (20/3).

Sumarsono juga mengatakan warga meminta lapangan futsal pengganti jika Pemrov DKI tetap membangun Puskesmas di lahan olahraga warga.

“Pemprov DKI Jakarta masih berupaya mencarikan lahan lain sebagai pengganti lapangan futsal itu,” tambahnya.

Direktur Jenderal (Ditjen) Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) itu menegaskan Puskesmas akan tetap dibangun untuk menjaga kesehatan masyarakat di sekitar wilayah itu.

“Kasihan warga kalau berobat ke puskesmas kelurahan lain,” tambahnya.

Jika warga mau mengalah dan merelakan lapangan futsalnya, Puskesmas bisa segera dibangun. Menurut Sumarsono, anggaran untuk pembangunan Puskesmas di Kelurahan Kebon Melati sudah ada.

“Kalau masalah ini selesai, artinya teman-teman futsal mau agak mengalah sedikit, sambil nunggu tempat. April sudah bisa dimulai pengerjaan pembangunan Puskesmas dan tiga bulan bangunan Puskesmas sudah selesai siap digunakan,” tambahnya.

Jurnalis: Bayu A Mandreana/Editor: Irvan Sjafari/Foto: Bayu A Mandreana

Komentar