KPK Limpahkan Kasus Perkara Bambang Irianto ke PN Surabaya

SELASA 21 MARET 2017

JAKARTA — Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menyelesaikan atau merampungkan berkas perkara (P21) dalam kasus perkara dugaan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) penerimaan suap atau gratifikasi dan juga Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang menjerat Bambang Irianto, yang tak lain adalah Wali Kota Madiun non aktif.

Persiapan di Gedung KPK jelang keberangkatan Bambang Irianto.

Hari ini penyidik KPK dijadwalkan segera melakukan pelimpahan tahap ke II kasus perkara yang menjerat Bambang Irianto. Pihak KPK selanjutnya akan menyerahkan kasus perkara Bambang Irianto tersebut ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) untuk segera disidangkan di Pengadilan Negeri (PN) Kota Surabaya, Jawa Timur.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah membenarkan adanya kabar terkait dengan rencana pelimpahan berkas perkara (P21) dari penyidik KPK saat ditanya para awak media terkait update atau perkembangan terbaru dalam kasus perkara Bambang Irianto di Gedung KPK Jakarta, Selasa siang (21/3/2017).

Bambang Irianto siang ini akan diterbangkan dari Jakarta menuju Surabaya, Jawa Timur, untuk selanjutnya dibawa menuju Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Medaeng, Surabaya, Jawa Timur. Saat ini beberapa persiapan telah dilakukan pihak KPK menjelang pelimpahan berkas perkara sekaligus mempersiapkan keberangkatan dari Bambang Irianto dari Jakarta menuju Surabaya.

“Penyidik KPK hari ini sedang mempersiapkan segala sesuatunya sebelum dilakukan pelimpahan berkas perkara tahap ke II untuk tersangka BI (Bambang Irianto) kepada Jaksa Penuntut Umum, rencananya yang bersangkutan akan segera diterbangkan ke Surabaya untuk kemudian menjalani masa penahanan di Lapas Medaeng, Surabaya, Jawa Timur” jelas Febri Diansyah kepada wartawan di Gedung KPK Jakarta, Selasa siang (21/3/2017).

Untuk selanjutnya gelar perkara persidangan dengan tersangka Bambang Irianto akan dilaksanakan di Gedung Pengadilan Negeri (PN) Kota Surabaya. Bambang Irianto sebelumnya telah menjalani pemeriksaan dan dimintai keterangan sebagai tersangka oleh penyidik KPK di Gedung KPK Jakarta, Jalan Kuningan Persada, Kuningan, Jakarta Selatan.

Jurnalis: Eko Sulestyono/Editor: Irvan Sjafari/Foto: Eko Sulestyono

Komentar