LDI ITN Bangun Generasi Rabbani Lewat IFEST

79

MINGGU, 19 MARET 2017

MALANG — Membangun Generasi Rabbani dengan Kreasi Islami, menjadi tema besar yang diangkat Lembaga Dakwah Islamiyah (LDI) Institut Teknologi Nasional (ITN) dalam menyelenggarakan ITN Islamic Festival (IFEST). Gelaran IFEST kedua di lapangan Rektorat ITN tersebut diikuti ratusan siswa Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Atas.

Salah-satu peserta MTQ

“Kegitan IFEST merupakan acara tahunan dari LDI ITN, yang tahun ini adalah penyelenggaraan yang kedua,” jelas Ketua Pelaksana, Lalu Fadzlul, kepada Cendana News, Minggu (19/3/2017).

Pada penyelenggaraan yang kedua ini, jumlah lomba yang diadakan lebih banyak dibandingkan tahun kemari. Dari yang awalnya hanya ada empat lomba, sekarang menjadi tujuh lomba. Lomba-lomba tersebut terdiri dari Pildacil, MTQ, MTrQ, Albanjari, Lomba Karya Tulis Al-Qur’an (LKTA), story telling dan photographi. “Khusus lomba Pildacil untuk siswa SD, sedangkan lomba lainnya untuk siswa SMA,” terangnya.

Lebih lanjut, Fadzlul menyampaikan, IFEST merupakan salah-satu strategi dakwah dari LDI untuk menegakkan  agama. Melalui IFEST, ia ingin membangun generasi rabbani, agar mereka para generasi muda yang hidup di zaman modern seperti saat ini tidak melupakan agamanya. “Untuk anak SD, kita coba adakan Pildacil, agar melatih mereka yang punya potensi untuk menjadi pendakwah. Sedangkan bagi siswa SMA, kami adakan berbagai macam lomba seperti Albanjari, LKTA, dan Musabaqah tilawatil Qur’an, di mana kami niatnya untuk membumikan Al-Qur’an dan membumikan shalawat kepada generasi muda,” ungkapnya.

Disebutkan, total keseluruhan peserta lomba IFEST kurang lebih sekitar 400 orang. Nantinya para pemenang akan mendapatkan sertifikat, trophi dan uang pembinaan. “Nanti penutupan IFEST ada tabliq akbar pada 21 Maret, yang insyaallah akan dihadiri Wakil Gubernur Jawa Timur dan Wakil Walikota Kota Malang,” tandasnya.

Sementara itu, salah-satu peserta, Saiful, mengaku sudah mempersiapkan diri untuk mengikuti perlombaan di  IFEST sejak seminggu yang lalu. “Selama seminggu ini, saya mempersiapkan diri untuk bisa ikut IFEST. Dengan begitu harapannya saya bisa menang dalam perlombaan tersebut,” katanya.

Jurnalis: Agus Nurchaliq/ Editor: Koko Triarko/ Foto: Agus Nurchaliq

Komentar