Operasi Simpatik Polres Karanganyar, Hukuman Tilang Diganti Tanam Pohon

58

KAMIS, 16 MARET 2017

SOLO — Satuan Lalu Lintas Polres  Karanganyar,  Jawa Tengah, menyelenggarakan Operasi Simpatik Candi 2017  dengan cara unik. Yakni, mereka yang melanggar kelengkapan berkendaraan, tidak diberi hukuman tilang melainkan diganti dengan menanam pohon.

Kasat Lantas Polres Karanganyar, AKP Ahdi Rizaliansyah.

Kasat Lantas Polres Karanganyar, AKP Ahdi Rizaliansyah, menjelaskan, operasi Simpatik Candi memang digelar berbeda dari biasanya. Operasi yang menekankan tertib berlalu lintas tidak memberikan sanksi berupa tilang. “Kenapa kita ganti menanam pohon, biar masyarakat juga memiliki kepedulian terhadap alam,” ucap AKP Ahdi kepada awak media, Kamis (16/3/2017).

Razia Simpatik yang digelar di Cemoro Kandang, Tawangmangu, tepat di lereng Gunung Lawu dengan memberlakukan  hukuman tanam pohon bukan kali pertama. Sebab, sebelumnya,  pihaknya juga menggelar razia serupa di lokasi tersbeut. “Tapi, tetap saja masih banyak warga yang terjaring razia,” jelas dia.

Petugas memeriksa kendaraan.

Mereka yang terjaring razia simaptik adalah warga sekitar, baik petani maupun anak muda yang tengah  menikmati alam di ketinggian 1945 MDPL, perbatasan Jawa Tengah-Jawa Timur tersebut. Rata-rata, pelanggaran yang terjadi seperti tidak mengenakan helm, kelengkapan  lainnya. Seperti tidak ada spion, tidak ada kelengkapan surat kendaraan, SIM dan STNK.

Para pelanggar yang awalnya terlihat tegang, sontak tersenyum lega saat mereka dibariskan oleh petugas diberi tahu tidak ditilang melainkan dihukum menanam pohon. Satu-persatu mereka menanam pohon di lereng Gunung Lawu, didampingi petugas kepolisian. “Awalnya kaget, biasanya tidak ada razia, kali ini ada. Sanksinya bagus, bisa untuk menjaga lingkungan,” sebut Aditya Haryono, salah satu warga.

Petugas dampingi warga tanam pohon.

Operasi Simpatik Candi 2017 yang digelar serentak di Indonesia akan berlangsung sampai 23 Maret mendatang. Pengguna jalan diharapkan terus menaati rambu lalu lintas dan kelengkapan berkendara demi keselamatan di jalan, guna menekan angka kecelakaan lalu lintas.

Jurnalis: Harun Alrosid / Editor: Satmoko / Foto: Harun Alrosid

Komentar