Pancasila Landasan Tegas Terwujudnya Persatuan dan Kesatuan Bangsa

30

RABU, 29 MARET 2017

JAKARTA — Sila dalam Pancasila sudah bisa menjadi landasan yang jelas dan tegas tentang perlunya terwujud persatuan dan kesatuan bangsa dalam menjaga Bhinneka Tunggal Ika.

Forum sosialisasi empat pilar kebangsaan.

Pernyataan itu disampaikan oleh Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, Zulkifli Hasan, dalam Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan yang diadakan di Universitas Ibnu Chaldun (UIC), Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu (29/3/2017).

Mantan Menteri Kehutanan itu mengajak segenap Mahasiswa UIC khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya untuk menjaga nilai Pancasila dan nilai-nilai luhur bangsa serta negara Indonesia yang kini ia pandang telah melemah.

“Sekarang yang ada saling curiga. Kalau bukan kelompoknya ya diserang dan dijelek-jelekkan. Lalu dimana semangat persatuan dan Pancasilanya,” ujarnya.

Zulkifli Hasan juga mengingatkan bahwa kebhinnekatunggalikaan berarti meski berbeda pendapat atau kelompok tetap saling menghargai keberagaman yang ada.

Pria yang pernah menjadi Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPR RI periode 2004-2009 memaparkan bahwa ada indikator lain sebuah bangsa dikatakan maju selain faktor ilmu pengetahuan dan teknologi.

Suasana sosialisasi empat pilar kebangsaan.

“Bangsa yang maju bukan hanya karena ilmu pengetahuan dan teknologinya saja, tapi bangsa yang masyarakatnya saling percaya antara satu dengan lainnya. Bukan bangsa yang masyarakatnya saling bertengkar dan saling memusuhi,” tambahnya.

Jurnalis: Bayu A. Mandreana / Editor: Satmoko / Foto: Bayu A. Mandreana

Komentar