Pemprov DKI Jakarta Tertibkan 651 Spanduk Provokatif

44

SENIN, 20 MARET 2017

JAKARTA — Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berupaya menertibkan spanduk dan poster yang dianggap provokatif. Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur, Sumarsono, menyatakan, pihaknya tidak bisa memastikan jumlah yang belum dicopot. Pasalnya, meski beberapa hari lalu telah dilakukan penertiban, namun di lapangan spanduk tersebut kembali terpasang.

Sumarsono

“Kita tidak bisa hitung jumlahnya, ini seperti perlombaan antara yang menertibkan dan yang memasang. Jadi, kita turunkan satu, naik lagi dua, turun dua naik lagi empat. Ya kita akan kejar-kejaran terus kalau seperti ini,” ujar Sumarsono di Balaikota, Jakarta, Senin (20/3/2017).

Pria yang biasa dipanggil Soni ini memgimbau kepada warga Jakarta untuk menjaga ketenteraman dan ketertiban lingkungan di sekitarnya dengan tidak memasang sesuatu yang bersifat memprovokasi.

“Jadi, prinsip kita itu sebenarnya kan saya ingin tanamkan bahwa kita semua itu bersaudara. Sebagai saudara mari kita saling memahami dan menghormati,” tambahnya.

Direktur Jenderal (Ditjen) Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) ini juga menginstruksikan kepada Satuan Polisi (Satpol) Pamong Praja (PP) untuk mengedepankan pendekatan persuasif. Namun, jika upaya persuasif tidak membuahkan hasil, Soni menegaskan akan tetap melaksanakan penertiban sesuai dengan aturan dalam perundang-undangan.

“Tapi yang jelas, sebagai Plt Gubernur saya meminta Satpol PP untuk melakukan pendekatan. Kalau bisa mereka bisa menurunkan sendiri, kalau tidak bisa, terpaksa demi dan untuk ketenteraman serta ketertiban umum, maka akan secara paksa kami turunkan. Karena juga dalam rangka menegakkan peraturan daerah,” tegasnya.

Soni menyatakan, sejauh ini, sebanyak 651 buah spanduk provokatif yang sudah diturunkan. Spanduk terbanyak berada di Jakarta Barat dengan jumlah 165 spanduk. Sementara Jakarta Pusat ada 155 buah spanduk kemudian Jakarta Timur ada 138 spanduk. Jakarta Utara terdapat 82 spanduk dan Jakarta Selatan ada 104 buah spanduk serta Kabupaten Kepulauan Seribu ada 7 buah spanduk.

Jurnalis: Bayu A. Mandreana / Editor: Satmoko / Foto: Bayu A. Mandreana

Komentar