Personel Polsek Sawah Besar Jaga Titik Kumpul Aksi 313

68

JUMAT, 31 MARET 2017

JAKARTA — Karena akan adanya aksi massa 313, Kepolisian dan TNI menyiagakan anggotanya untuk melakukan pengamanan di seputanan Masjid Istiqlal yang menjadi titik kumpul massa. Terlihat dari pantauan, ada belasan aparat kepolisian yang bersiaga di pintu masuk Masjid Istiqlal. Bukan hanya dipintu masuk saja, terlihat juga beberapa aparat kepolisisan dan aparat TNI di sekitaran areal masjid.

Kapolsek Sawah Besar, Kompol Ridwan RS, di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat

“Masjid Istiqlal sebagai titik kumpul peserta aksi 313 ini masih masuk wilayah Polsek Sawah Besar. Jadi saya memimpin teman-teman anggota dari Polsek Sawah Besar untuk melakukan pengamanan disini,” ujar Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Sawah Besar, Kompol Ridwan RS di areal parkir mobil Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Jum’at (31/3).

Ridwan RS menyebutkan, dari data yang didapatkan hingga Jum’at (31/3) dini hari, pukul 01.00 WIB, sudah ada sekitar 800 jemaah yang tiba di Istiqlal.  Terkait kedatangan massa aksi 313 yang sudah berkumpul di Masjid Istiqlal, pihaknya mengaku tidak melarang datang atau bahkan bermalam di masjid Istiqlal.

“Kalau yang hadir di Masjid, kita tidak anggap mereka sebagai massa aksi, tapi kita anggap mereka sebagai teman dan jamaah karena ini merupakan tempat ibadah. Kami juga mempersilahkan jika ingin bermalam di masjid Istiqlal, kami sudah berkoordinasi dengan pihak masjid,” tambahnya.

Walaupun bebas menginap di masjid Istiqlal, ia berharap jika jamaah yang berada di areal masjid untuk tetap menjaga keamanan, kebersihan dan ketertiban sesuai dengan peraturan masjid.

Untuk pengamanan areal masjid Istiqlal, ia menyatakan telah menerjunkan 40 personel dari Polsek Sawah Besar dan dibantu oleh Satpol PP dan TNI. Tapi itu tidak menutup kemungkinan akan bertambahnya petugas yang bersiaga di titik kumpul aksi 313 ini.

“Sementara kami mensiagakan 40 personel dulu, tapi masih ada personel lain yang disiagakan jika terjadi hal-hal yang tidak diigikan,” tambahnya.

Jurnalis: Bayu Arsita M/Redaktur: ME. Bijo Dirajo/Foto: Bayu Arsita M

Komentar