Polresta Banjar Sosialisasikan Bahaya Narkoba pada Pelajar

0
16

RABU, 29 MARET 2017

BANJAR — Masalah penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja dan pelajar dapat dikatakan sulit di atasi, karena penyelesaiannya melibatkan banyak faktor. Selain itu penyelesaian masalahnya membutuhkan kerjasama dari semua pihak yang bersangkutan, seperti pemerintah, aparat, masyarakat, media massa, keluarga, remaja itu sendiri, dan pihak-pihak lain. 

Kasat Narkoba Polres Banjar AKP  Usep Supiyan, SH., saat melaksanakan penyuluhan tentang penyalahgunaan dan  bahaya narkoba di SMP Negeri 5 Banjar, Jawa Barat.

Demikian antara lain diungkapkan Kapolres Kota Banjar, Polda Jawa Barat, AKBP Twedi AB dalam penyuluhan tentang penyalahgunaan dan bahaya narkoba di SMP Negeri 5 Banjar, Jawa Barat, Rabu (29/03).

Dikatakan, penyalahgunaan narkoba terjadi karena korban kurang atau tidak memahami apa narkoba itu sehingga dapat dibohongi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Pihak Keluarga, termasuk orang tua tidak tahu atau kurang memahami hal-hal yang berhubungan dengan narkoba sehingga tidak dapat memberikan informasi atau pendidikan yang jelas kepada anak-anaknya akan bahaya narkoba. Kurangnya penyuluhan dan informasi di masyarakat mengenai bahaya penyalahgunaan narkoba menjadi salah satu penyebab meningkatnya pengguna narkoba,” papar Twedi.

Kegiatan penyuluhan ini dihadiri oleh sebanyak 125 siswa dari  kelas VII, VIII dan IX, dan para guru di SMP Negeri 5 Banjar. Dalam penyuluhan tersebut Kasat Narkoba Polres Banjar AKP Usep Supiyan memberikan pemahaman kepada para siswa tentang bahaya penyalahgunaan narkoba yang merupakan kejahatan yang terorganisir serta memiliki struktur organisasi yang sangat berbahaya.

“Bahaya peredaran narkoba tidak mengenal usia dan kasta. Orang tua, remaja bahkan anak-anak mulai dari SD, SMP, dan SMA menjadi sasaran empuk para sindikat dan bandar narkoba,” ujar Usep.

Pada kesempatan yang sama Kasat Narkoba Polres Banjar AKP Usep Supiyan mengungkapkan melalui penyuluhan ini, diharapkan para siswa agar dapat memiliki pengetahuan dan pengalaman yang benar tentang bahaya penyalahgunaan narkoba.

“Sebagai penerus generasi bangsa mereka dapat berkomitmen untuk tidak terlibat dalam penyalahgunaan narkoba apalagi sampai memakainya,” katanya menandaskan. 

Jurnalis: Baehaki Efendi/Redaktur: Irvan Sjafari/Foto: Baehaki Efendi

Komentar