Polwan Polres Karanganyar Bersih-bersih Sungai

111

RABU, 22 MARET 2017

SOLO — Menyemarakkan Hari Air Sedunia, Kepolisian Resort Karanganyar, Jawa Tengah, menerjunkan puluhan Polisi Wanita (Polwan) ke Sungai Gabahan, Papahan, Tasikmadu, guna melakukan aksi bersih-bersih sampah di sungai dengan seragam lengkap, sebagai salah satu bentuk kampanye menjaga lingkungan. 

Polwan bersih-bersih sungai

Kepala Sub Bagian Pengendalian Operasi Polres Karanganyar, Ajun Komisaris Polisi Suwarsi, mengatakan, aksi yang dilakukan Polwan itu sebagai salah satu upaya memberikan pembelajaran kepada masyarakat akan pentingnya menjaga aliran sungai, agar tetap bersih. Sebab, selama ini masyarakat di sekitar aliran sungai belum memiliki kesadaran yang tinggi terhadap sungai. “Masih banyak sekali masyarakat yang membuang sampah di sungai, baik itu sampah rumah tangga, plastik bekas bungkus makanan kemasan, maupun popok bayi. Semuanya menumpuk di sungai,” ucap Suwarsi, kepada awak media di sela kegiatan bersih sungai, Rabu (22/3/2017).

Sebanyak 30 personel Polres Karanganyar diterjunkan ke sungai, untuk menyisir sampah sejauh 1 kilometer.  Hasilnya, puluhan kantong plastik hitam besar yang telah berisi sampah diangkat petugas dari sungai. “Sangat disayangkan, ternyata kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya masih rendah. Terbukti dengan banyaknya sampah rumah tangga yang dibuang ke sungai. Ini yang harus lebih ditekankan lagi kepada masyarakat, agar sadar menjaga sungai,” ungkap Suwarsi.

Terlebih, sejak beberapa tahun terakhir, masyarakat yang tinggal di sekitar sungai tersebut selalu tergenang banjir saat hujan deras mengguyur. Suwarsi menduga, banjir yang kerap mendatangi warga tak lepas dari ulah tangan manusia yang membuang sampah di sungai, hingga menyebabkan air meluap.

AKP Suwarsi

Kampanye menjaga sungai akan terus dilakukan Polres Karanganyar, sebagai salah satu upaya antisipasi banjir.  Pemerintah juga diminta untuk meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan, termasuk sungai. “Ke depan kita akan buat kegiatan-kegiatan yang bisa mengedukasi masyarakat, agar masyarakat tumbuh rasa memiliki untuk menjaga sungai, menjaga lingkungan,” imbuhnya.

Aksi puluhan Polwan Polres Karanganyar  turut menarik simpatik masyarakat sekitar yang melintas di jembatan sungai tersebut. Tak sedikit pengguna jalan berhenti sejenak untuk melihat aksi sosial yang dilakukan para polsi wanita itu.  Meski dengan seragam lengkap, para polisi wanita tampak tidak canggung untuk berkotor ria memungut sampah di sungai yang mengalir ke Sungai Bengawan Solo tersebut.

“Bagus, polisi langsung memberikan contoh kepada masyarakat untuk peduli kepada lingkungan. Saya kira razia kendaraan. Sebenarnya ingin membantu, tapi sudah jam kerja kantor,” ucap Supandi, salah satu pengguna jalan asal Kebakkaramat.

Jurnalis: Harun Alrosid/ Editor: Koko Triarko/ Foto: Harun Alrosid

Komentar