Posdaya Dewantara Ranah Minang, Beri Layanan Kesehatan Gratis

0
21

JUMAT, 17 MARET 2017

PADANG — Jejak Pemberdayaan Yayasan Damandiri — Kehadiran Koperasi Serba Usaha (KSU) Posdaya Dewantara Ranah Minang yang berada di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) terhadap aspek kesehatan, tidak hanya untuk para balita atau pun anak-anak, namun juga turut peduli bagi kesehatan lansia.

Pemeriksaan tensi.

Manajer KSU Posdaya Dewantara Ranah Minang, Indra Putra, menjelaskan, kesehatan merupakan salah satu dari empat pilar yang dijalani. Untuk kesehatan, KSU Posdaya Dewantara Ranah Minang melakukan beberapa kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap bulan. Mulai dari Posyandu Balita, Posyandu Lansia, dan program Keluarga Berencana (KB).

“Ya, setiap bulan kita melakukan kegiatan untuk pilar kesehatan, masing-masing kegiatan seperti Posyandu Balita, Lansia, dan Program KB. KSU Posdaya Dewantara Ranah Minang bekerja sama dengan pihak Puskesmas yang ada di Kota Padang,” ujar Indra, Jumat (17/3/2017).

Indra menyebutkan, untuk kegiatan yang dilakukan bagi Posyandu Balita di antaranya timbangan, pengukuran kepala, dan pertumbuhan anak. Sementara untuk Posyandu Lansia, kegiatan yang dilakukan mengukur berat badan, pemeriksaan tensi darah, dan konsultasi kesehatan. Sedangkan untuk KB, KSU Posdaya Dewantara Ranah Minang membantu menjalankan program pemerintah.

“Semua kegiatan itu rutin setiap bulan dan dilakukan secara gratis,” tegasnya.

Menurut Indra, kegiatan-kegiatan kesehatan yang dilakukan oleh KSU Posdaya Dewantara Ranah Minang di sejumlah kelurahan di Kota Padang, mendapat sambutan antusias masyarakat yang cukup bagus, terutama yang Posyandu Balita. Ketika tanggal waktu untuk datang ke Posyandu Balita, suasana terlihat ramai didatangi para ibu yang membawa anak.

“Bagi lansia dengan adanya program bulanan terkait kesehatan ini, juga sangat membantu mereka. Dengan usia yang sudah tidak muda lagi, tetap diberikan pelayanan kesehatan. Nah, mereka senang terkait hal itu, karena bisa tahu bagaimana tensi darahnya, kondisi kesehatannya, dan banyak hal yang bisa mereka tanyakan secara tuntas kepada petugas di posyandu itu,” kata Indra.

Indra mengatakan, selain adanya program yang ada saat ini, ke depan KSU Posdaya Dewantara Ranah Minang juga akan membuat program baru, yakni Poswindu untuk balita, remaja, dan lansia.

Pemeriksaan gula darah dan kolesterol.

“Untuk poswindu yang saat ini tengah disiapkan, kegiatannya semacam penyuluhan terkait penyakit menular dan penyakit yang tidak menular. Hal ini, menurut saya, perlu untuk masyarakat sebagai informasi kesehatan sehingga mereka bisa tahu dengan baik soal penyakit menular dan yang tidak menular itu,” ungkapnya.

Jurnalis: Muhammad Noli Hendra / Editor: Satmoko / Foto: KSU Posdaya Dewantara Ranah Minang

Komentar