Puluhan Rumah Warga di Banjar, Diamuk Angin

64

SABTU, 25 MARET 2017

BANJAR — Puluhan rumah di Blok Sengon, Dusun Pasirleutik, RT 25 RW 10,  Desa Mekarharja, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat, diterjang angin kencang dan hujan deras, Sabtu (25/03) sore, sekitar pukul 16.30 WIB.

Salah satu petugas BPBD Kota Banjar meninjau lokasi angin puting beliung

Dari data yang diperoleh di lokasi kejadian, sekitar 13 rumah warga semi permanen rusak diporak-porandakan angin kencang, yang diklaim warga setempat merupakan angin puting beliung. Dalam sekejap, atap dan tembok pun rusak. Tidak hanya atap rumah warga saja yang rusak, puluhan pohon juga tumbang, satu buah bangunan pabrik penggilingan padi juga ikut rusak, dan satu buah warung milik warga tersambar petir, yang mengakibatkan instalasi listrik mengalami kerusakan.

Salah satu warga korban angin, Iwan (35), mengatakan, angin mulai berhembus kencang sekitar pukul 16.30 WIB. ”Tadi terjadi hujan disertai angin kencang dan petir, atap rumah terangkat dan tembok rumah ambruk akibat angin kencang,” katanya.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjar, Jawa Barat, Yayan Herdiaman, SH., M.Si., mengatakan, dari data sementara yang diperoleh dari TKP, sekitar 15 rumah rusak diterjang angin. Puluhan rumah itu berada di Blok Sengon, Dusun Pasirleutik, RT 25 RW 10, Desa Mekarharja, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat. Beruntung, dalam kejadian angin kencang itu tidak menimbulkan korban jiwa. Yang rusak hanya bangunan rumah warga dan kerugian ditaksir hingga ratusan juta rupiah.

Jurnalis: Baehaki Efendi/ Editor: Koko Triarko/ Foto: Baehaki Efendi

Komentar