Ratusan Siswa SD di Pangandaran Ramai-ramai Sikat Gigi Massal

0
23

KAMIS, 23 MARET 2017

PANGANDARAN — Ratusan siswa Sekolah Dasar (SD) Negeri 2 Bojong, Desa Bungur Raya, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, mengikuti kegiatan penyuluhan dan pembinaan kesehatan gigi dan mulut serta Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang dilaksanakan oleh Puskesmas Langkaplancar, di sekolah tersebut, Kamis (23/3/2017).

Petugas Puskesmas Langkaplancar, Anggi Diana, memberikan penjelasan mengenai kesehatan gigi kepada anak-anak SD.

Kepala Sekolah Dasar Negeri 2 Bojong, H. Ujo Sastro Atmojo, S.Pd., mengatakan, kegiatan pembinaan kesehatan UKS/KGS yang dilaksanakan di sekolahnya merupakan kegiatan rutin yang sering dilakukan oleh petugas dari  Puskesmas Langkaplancar dengan cara memberikan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut serta PHBS kepada sekitar 181 siswa yang ada di sekolah ini.

“Kegiatan penyuluhan di Sekolah Dasar Negeri 2 Bojong ini, dilakukan oleh para petugas dari Puskesmas Langkaplancar. Dalam kegiatan tersebut, ratusan siswa kami ikut dalam kegiatan termasuk praktik sikat gigi massal,” jelas Ujo.

Pada kegiatan itu, tiap-tiap anak membawa satu buah sikat gigi, pasta gigi, dan satu air dalam gelas plastik. Kemudian secara bersama-sama memulai kegiatan dengan cuci tangan dilanjutkan menggosok gigi massal dengan dipandu oleh para petugas dari Puskesmas Langkaplancar.

Petugas Puskesmas Langkaplancar, drg. Anggi Diana, mengatakan, selain pembinaan rutin, diharapkan siswa sejak dini membiasakan hidup sehat.

Anak SD yang mengikuti program pembinaan kesehatan gigi dan mulut.

”Harapannya untuk bersama-sama menumbuhkan sikap membiasakan diri sejak dini hidup bersih. Saya lihat anak-anak sangat antusias dan senang sekali mengikutinya. Harapan saya, semoga cuci tangan dan sikat gigi yang teratur bisa diterapkan dalan kehidupan sehari-hari para anak didik di lingkungan keluarga masing-masing,” pungkasnya.

Jurnalis: Baehaki Efendi / Editor: Satmoko / Foto: Baehaki Efendi

Komentar