Ratusan Tuna Daksa Terima Organ Palsu

0
22

KAMIS, 23 MARET 2017

PADANG — Sebanyak 175 lebih tuna daksa di Sumatera Barat (Sumbar) mendapatkan bantuan kaki dan tangan palsu melalui kepedulian PT Asuransi Jiwa Sequis Life. Ketua Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Sumbar, Jhoni Aulia, mengatakan, untuk bantuan kaki dan tangan palsu ini hampir dibagikan untuk seluruh daerah di Sumbar.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyerahkan kaki palsu kepada salah seorang tuna daksa didampingi Kabid Bantuan Jaminan Sosial Dinas Sosial Sumbar, Irwan Basyir (kiri), dan Ketua PPDI Sumbar, Jhoni Aulia (tengah).

“Tentunya dengan adanya bantuan ini sangat membantu para disabilitas yang benar-benar membutuhkan kaki dan tangan palsu. Jika dibuat sendiri, biayanya cukup besar, jadi ini benar-benar terbantu,” jelasnya, Kamis (23/3/2017).

Menurut Jhoni, untuk bantuan yang diberikan kali ini, sudah merupakan bagi seluruh tuna daksa  yang membutuhkan  kaki dan tangan palsu, tanpa ada memilah tuna daksa lainnya yang berhak menerimanya.

“Sebelum kaki dan tangan palsu itu diberikan, pihak  Sequis telah melakukan pengukuran terhadap para tuna daksa jauh-jauh hari, melalui Yayasan Peduli Tuna Daksa. Jadi, yang membuat kaki dan tangan palsu ini dibuat oleh Yayasan Peduli Tuna Daksa,” kata Jhoni.

Kepedulian perusahaan Sequis ini mendapat apresiasi dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, yang  dalam hal ini disampaikan langsung oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno. Menurut Irwan, kepedulian yang ditunjuk oleh Sequis benar-benar telah membantu para tuna daksa, dan memberikan harapan hidup yang lebih baik.

“Kita dari pemerintah daerah tentunya mendukung kegiatan sosial seperti ini. Karena turut peduli terhadap para tuna daksa yang di Sumbar,” ujar Irwan.

Ia berharap kepada tuna daksa, tetap semangat menjalani kehidupan, meski memiliki fisik yang salah satunya tidak dapat difungsikan sebaik mungkin. Menurut Irwan, kondisi tesebut jangan membuat para tuna daksa merasa minder dengan orang lain yang memiliki fisik yang bisa difungsikan dengan baik.

Para tuna daksa penerima kaki dan tangan palsu.

“Dengan adanya kaki dan tangan palsu yang diberikan oleh Sequis itu, semoga para tuna daksa bisa menjalani kehidupan lebih semangat lagi. Jangan berhenti dan menyerah dalam menjalani hidup dan lakukanlah aktivitas yang bermanfaat,” harap gubernur.

Jurnalis: Muhammad Noli Hendra / Editor: Satmoko / Foto: Istimewa

Komentar