Tak Ada Mahar Jabatan, Pilihan Sekda di Tegal Diimbau Transparan

0
12

SENIN, 20 MARET 2017

SLAWI — Dari enam kandidat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tegal, akhirnya panitia seleksi (pansel) calon pejabat pimpinan tinggi pratama memilih tiga nama dari total enam peserta yang mengikuti seleksi penerimaan Sekda Kabupaten Tegal.

Kusnanto

Panita seleksi (pansel) yang diketuai oleh Prof. Dr. Wahyono, SH, MS mengumumkan hasil seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal berdasarkan berita acara Nomor 19/Pansel/III/2017. Menyatakan bahwa peserta yang memenuhi syarat berdasarkan urut abjad di antaranya: Agus Subagyo yang sekarang menjabat sebagai Kepala Dinas LH Kabupaten Tegal, Suspriyanti yang sekarang menjabat Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tegal, dan Widodo Joko Mulyono yang sekarang menjabat sebagai  Direktur RSUD Soesilo Slawi.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Tegal, Edi Budiyanto, saat dikonfirmasi terkait pengumuman tersebut dirinya pun membenarkan. Dia mengatakan, bahwa ketiga nama itu sudah disampaikan kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo untuk disetujui.

Jika sudah mendapat persetujuan dari gubernur, maka ketiga nama tersebut akan disampaikan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Dia juga menerangkan bahwa mekanisme ini berdasarkan pasal 115 ayat (5) Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, khusus untuk pejabat pimpinan tinggi pratama yang memimpin Sekretariat Daerah Kabupate /Kota sebelum ditetapkan oleh Bupati/ Wali Kota dikoordinasikan dulu dengan gubernur.

Edi juga menambahkan, untuk mengerucut pada satu nama akan dilakukan setelah dari KASN. Setelah dari KASN nanti bupati yang akan memilih satu nama. Karena pemilihan nama tersebut menjadi hak prerogatif bupati.

Sementara itu, Kusnanto, S. Hi., salah seorang aktivis di Kabupaten Tegal saat ditemui di sekretariatnya berharap, pemilihan Sekda ini berjalan dengan transparan dan tidak ada mahar jabatan.

“Sekda merupakan pucuk karir di birokrat, orang yang menduduki jabatan tersebut haruslah orang yang punya kapasitas dan kapabilitas yang tinggi. Selain itu, seorang Sekda juga harus mampu mengkoordinasikan semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tegal untuk bekerja semaksimal mungkin demi kemajuan Kabupaten Tegal. Inilah esensi sesungguhnya dari pemilihan Sekretaris Daerah,” kata Kusnanto.

Jurnalis: Adi Purwanto / Editor: Satmoko / Foto:  Adi Purwanto

Komentar