Tetapkan HUT RPTRA, Pemprov DKI Jakarta akan Bangun 100 RPTRA

33

SENIN, 20 MARET 2017

JAKARTA — Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah menetapkan 19 Maret sebagai Hari Ulang Tahun (HUT) Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA).

Soni Sumarsono.

“Kemarin merupakan perayaan HUT RPTRA yang pertama,” ujar Plt Gubernur DKI Jakarta, Soni Sumarsono, di Kantor Pemprov DKI Jakarta, Balaikota, Jakarta Pusat, Senin (20/3/2017).

“Sebenarnya ini hanya even saja untuk menandai keberadaan RPTRA di Jakarta yang kini sudah dibangun lebih dari 200 lokasi,” tambahnya.

Pria yang akrab disapa Soni itu juga mengatakan dalam perayaan HUT RPTRA tidak ada kegiatan yang istimewa.

“Paling, petugas kelurahan bersama instansi-instansi terkait, pengelola RPTRA dan warga berkumpul bersama untuk memperingati perayaan dengan cara yang sederhana,” tambahnya.

Meski hanya perayaan yang sederhana, namun Soni berharap agar semua pihak bisa mengambil hikmahnya.

“Karena perayaan ini sekaligus untuk mengingatkan kepada kita semua tentang perjuangan membangun RPTRA. Mulai pembebasan tanah yang kadang berlangsung alot hingga pembangunan yang dilakukan sampai dengan berbagai fasilitas yang disediakan untuk masyarakat,” ujarnya.

Menurut Soni, keberadaan RPTRA sangat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya di kawasan padat hunian.

“Warga yang tinggal di permukiman padat sebelumnya kesulitan untuk berinteraksi dengan sesama warga di suatu tempat yang nyaman, namun kini mereka bisa melakukan hal itu di ruang serba guna RPTRA,” kata Soni.

Melalui even perayaan ini pula, sambung Soni, pihaknya melakukan evaluasi dan merencanakan dan menargetkan pembangunan 100-an RPTRA di lima wilayah kota administrasi yang ada.

“Untuk pembangunan RPTRA berikutnya tentu ada perbaikan di sana-sini untuk meningkatkan program tersebut agar lebih bermanfaat bagi warga,” ujarnya.

Jurnalis: Bayu A. Mandreana / Editor: Satmoko / Foto: Bayu A. Mandreana

Komentar