Tingkatkan SDM, Mahasiswa Diminta Bisa Bersaing di Kancah Internasional

49

JUMAT, 31 MARET 2017

MATARAM — Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi meminta kepada mahasiswa untuk terus meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), dengan mengasah kemampuan diri supaya bisa berkiprah dan bersaing di kancah internasional dengan negara lain.

Mahasiswa dan dosen nampak serius mengikuti kuliah umum yang disampaikan Menlu Retno Marsudi

“Mahasiswa dengan kemampuan dimiliki, jangan hanya berfikir sebagai modal bersaing di tingkat nasional, tapi juga harus mampu bersaing dengan negara lain yang bisa membawa nama baik Indonesia di kancah internasional,” kata Retno di acara kuliah umum kepada mahasiswa Universitas Mataram, Jumat (31/3/2017).

Salah satu kelemahan sebagian mahasiswa di Indonesia, khususnya di daerah bisa bersaing di kancah internasional adalah, terkait kemampuan bahasa, khususnya bahasa Inggris, sebagai bahasa komunikasi internasional.

Hal tersebut tentu menjadi tanggungjawab bersama, khususnya perguruan tinggi bersangkutan, termasuk Universitas Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), supaya memastikan SDM yang dihasilkan bisa dibekali dengan kecakapan bahasa maupun keterampilan, sehingga siap bersaing.

“Dengan sistem politik yang Indonesia anut, yaitu politik luar negeri yang bebas aktif, harus mengambil dan memainkan peran, baik dalam kaitannya dengan politik, ekonomi maupun sosial budaya,” jelasnya.

Politik luar negeri bebas aktif yang dimaksud, tegas ketika sudah menyangkut kedaulatan NKRI, tapi tetap berdiplomasi membangun persahabatan, serta kerjasama bidang ekonomi yang menguntungkan bagi Indonesia.

Jurnalis : Turmuzi / Redaktur : ME. Bijo Dirajo / Foto : Turmuzi

Komentar