Agustus 2017, Desalinasi Air Laut Siap Dibangun

64

SENIN, 3 APRIL 2017

BALIKPAPAN — Pengolahan air laut menjadi air minum atau desalinasi dalam memenuhi kebutuhan air bersih di Kota Balikpapan akan dibangun pada Agustus 2017 mendatang. Rencananya, sebagai tahap awal pembangunan desalinasi ini dengan kapasitas pengolahan 50 liter per detik.

Dirut PDAM Balikpapan, Haidir Effendi.

Direktur Utama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Balikpapan, Haidir Effendi, memaparkan, desalinasi air laut pertama dibangun dengan kapasitas 50 liter per detik, mampu memenuhi 6000 sambungan pelanggan.

“Semua pihak siap melakukan pembangunan desalinasi air laut, termasuk investornya. Lelang nanti dilaksanakan setelah FS diterima,” terangnya, Senin (3/4/2017).

Ia optimis, pertengahan tahun di bulan Agustus 2017 nanti pembangunan pengolahan air laut siap dilaksanakan. Investor pemrakarsa desalinasi air laut siap membangun.

“Pembangunan desalinasi air laut ini menjadi yang pertama kalinya. Yang ditawarkan pemrakarsa 50 liter/detik. Mereka punya hitungan secara ekonomis yang disesuaikan dengan potensi teknis,” tandasnya.

Haidir mengaku yang menjadi pertimbangan dan perhitungan adalah persoalah biaya yang mahal, yakni harga jualnya. Harapannya, ada efisiensi biaya sehingga harga jual tidak terlalu mahal.

“Kita juga lagi cari harga yang seminimal mungkin, pasti ada harga, hanya kita cari minimalnya yang dapat dijual ke masyarakat,” ujarnya.

Dia menambahkan, apabila harga jual desalinasi dibandingkan dengan harga air baku yang ada sekarang ini sekitar Rp9000. Sedangkan air desalinasi sekitar Rp15000 per kubik.

Sementara itu, Direktur PT Inti Sukses bersama Water Treatment Plant Specialist Han Shen Aliansyah mengatakan, harga desalinasi air laut masih dalam kajian.

“Kita juga harus menyeimbangkan hulu dan hilirnya. Kalau hilirnya buntu tentu konsumennya nggak bisa bayar. Kita kaji dulu, yang penting masyarakat tidak kekurangan air,” tambahnya.

Jurnalis: Ferry Cahyanti/ Editor: Satmoko / Foto: Ferry Cahyanti

Komentar