Amphiteater, Wisata Nyaman untuk Anak di Dermaga Bom Kalianda

323

MINGGU, 2 APRIL 2017

LAMPUNG — Ratusan anak-anak di wilayah Kalianda, Lampung Selatan, dan sekitarnya, menggunakan waktu liburan dengan bermain di lokasi Amphiteater yang berada di kawasan wisata kuliner Dermaga Boom, Kalianda. Lokasi yang cukup mudah dijangkau tersebut memiliki pemandangan cukup indah dengan beberapa lampu hias tegak terbuat dari stainless stell dan dua buah payung raksasa berukuran besar.

Amphiteater di Dermaga Bom Kalianda 

Selain sebagai lokasi wisata kuliner yang cukup luas, dengan beberapa trotoar terbuat dari batu sikat, sebuah amphiteater berbentuk lingkaran menjadi lokasi favorit bagi anak-anak untuk bermain. Salah satu warga Desa Rawi yang mengajak anak-anaknya, Sudirman (40), mengaku selama ini kerap mengajak anak-anaknya berlibur saat akhir pekan ke Dermaga Bom, karena lokasinya yang nyaman, dekat dermaga sandar kapal, dekat dengan tempat pelelangan ikan dan sejumlah lokasi untuk berjualan kuliner tradisional.

“Selain jaraknya dekat dengan rumah, lokasi amphiteater ini kerap menghadirkan berbagai acara kesenian tradisional, seperti hari ini dengan adanya kegiatan kesenian tradisional,” ungkap Sudirman, Minggu (2/4/2017).

Selain nyaman dan aman, untuk masuk ke lokasi tersebut juga tidak perlu mengeluarkan biaya parkir dan juga bisa melihat situasi di tepi pantai, dan bisa melihat kapal-kapal yang baru sandar dari melaut di Selat Sunda saat pagi atau mendarat saat sore hari. Kegiatan para nelayan di Dermaga Bom tersebut sekaligus menjadi sarana untuk memberi pendidikan bagi anak-anak tentang kehidupan nelayan di pesisir pantai.

Kepala Bidang Pendidikan Non Formal (PNF) Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Selatan, Syamsiah, saat ditemui di amphiteater wisata kuliner Dermaga Bom Kalianda, mengungkapkan, saat ini Kabupaten Lampung Selatan terus mengembangkan tempat wisata bernuansa pendidikan dan nyaman bagi anak-anak. “Tempat wisata kuliner Dermaga Bom Kalianda ini menjadi rujukan untuk bersantai bagi anak-anak, bahkan didukung dengan adanya perpustakaan yang ditempatkan di dekat amphiteater ini,” ungkapnya.

Syamsiah

Menurut Syamsiah, wisata kuliner Dermaga Bom Kalianda juga menjadi tempat edukatif. Kegiatan-kegiatan rutin diadakan melibatkan sanggar-sanggar seni dari sekolah, bahkan dari tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Dan, ini merupakan kesempatan untuk berekspresi bagi siswa.

Lokasi yang dekat dengan jalan pesisir Kalianda, Lampung Selatan, juga membuat Amphiteater selalu dipenuhi orangtua yang mengajak serta anak-anaknya setiap hari, baik hari biasa maupun hari libur akhir pekan. Sebagian anak-anak bahkan menggunakan trotoar yang ada di area tersebut sebagai tempat bermain sepeda dengan trotoar yang luas.

Jurnalis: Henk Widi/ Editor: Koko Triarko/ Foto: Henk Widi

Komentar