Anggota Polisi tak Digaji, Ini Jawaban Pejabat POLDA Papua

57

SABTU, 8 APRIL 2017

JAYAPURA — Terkait 33 anggota Polres Puncak Jaya yang telah melaporkan pimpinannya ke Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Provinsi Papua lantaran hak-hak seperti gaji, tunjangan beras dan remunerasi tak diberikan, ditepis oleh POLDA Papua, dengan mengatakan, jika puluhan anggota tersebut telah disersi.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol A. Musthofa Kamal

Kepala Bidang Humas POLDA Papua, Komisaris Besar Polisi A. Musthofa Kamal, mengatakan pihaknya telah mengkonfirmasi ke Polres Puncak Jaya dan mendapatkan laporan, bahwa 33 anggota tersebut melakukan disersi atau meninggalkan tugas tanpa izin kepada satuannya lebih dari 30 hari berturut-turut, berdasarkan absensi Propam.

“Jadi, Kapolres menerbitkan Surat Perintah penghentian gaji terhitung sejak 1 Januari 2017, dengan tujuan agar anggota tersebut kembali melaksanakan tugas di Mapolres Puncak Jaya,” jelas  Musthofa, melalui telepon selulernya, Sabtu (08/4/2017), malam.

Musthofa merinci, ke-33 anggota tersebut meninggalkan tugas dan telah kembali melaksanakan Dinas di Mapolres Puncak Jaya pada Januari 2017 sebanyak 4 orang, pada Februari 2017 sebanyak 20 orang dan pada Maret 2017 sebanyak 9 orang, ini berdasarkan rekapan Absensi dari Seksi Propam Polres Puncak Jaya. “Atas kehadiran ke-33 anggota tersebut, diterbitkan Surat Perintah Pengaktifan Gaji disesuaikan saat anggota tersebut kembali melaksanakan tugas,” ujarnya.

Musthofa juga mengatakan, ke-33 anggota tersebut tak dapat menerima gaji pada saat yang bersangkutan baru melaksanakan Dinas, karena harus diproses terlebih dahulu pengaktifan gaji pada bulan berikutnya, diurus harus melalui KPPN Wamena. Sehingga ke-33 anggota tersebut, baru dapat menerima gaji Terhitung Mulai April 2017. “Untuk jatah beras Polres Puncak Jaya tidak menerima secara fisik beras, namun diuangkan yang sudah melekat pada gaji. Kendala yang dihadapi di Mapolres Puncak Jaya saat ini anggota menerima gaji melalui ATM Mandiri, sedangkan di Kabupaten Puncak Jaya belum ada Bank Mandiri,” ujarnya.

Sebelumnya, sebanyak 33 anggota Polres Puncak Jaya tak menerima gaji, tunjangan beras selama tiga bulan sejak Januari hingga Maret, dan juga tak menerima remunerasi pada Februari dan Maret. Akibatnya, anggota itu melaporkan ke Ombudsman Republik Indonesai (ORI) Provinsi Papua.

Jurnalis: Indrayadi T Hatta/ Editor: Koko Triarko/ Foto: Indrayadi T Hatta

Komentar