Bina Jukir liar, Dishub Balikpapan Targerkan Kerjasama April 2017

49

JUMAT, 7 APRIL 2017
BALIKPAPAN — Dinas Perhubungan Balikpapan menargetkan kerjasama dengan juru parkir liar sudah dapat dilaksanakan, menyusul saat ini pembinaan jukir liar tengah dilaksanakan. Apabila nantinya kerjasama yang dikeluarkan bagi warga yang parkir di tepi jalan akan mendapatkan karcis dengan tarif Rp1000-2000.

Kepala Dinas Perhubungan Balikpapan Sudirman Djayaleksana.

Kepala Dinas Perhubungan Balikpapan Sudirman Djayaleksana menuturkan sebelumnya kerjasama dengan juru parkir liar ini sudah dilakukan, namun pada 2016 lalu diputus karena antara pemasukan dan pengeluaran, lebih banyak pengeluarannya.

“Sebenarnya sudah ada kerjasama waktu itu, tapi tahun 2016 lalu kami putus karena pendapatan yang diperoleh dari kerjasama itu tidak sesuai dengan pengeluarannya. Pemerintah melalui kerjasama  2016 itu mengeluarkan gaji untuk jukir.  Tapi karena pemasukan tidak sesuai kesepakatannya, kami putus. Padahal waktu itu kami keluarkan anggaran untuk juru parkir waktu itu Rp600 juta,” jelasnya.

Sehingga tahun ini lanjut pria yang disapa Dirman ini, pihaknya kembali melakukan pembinaan kepada sejumlah juru parkir liar in. Dishub juga  bekerjasama dengan pihak kepolisian.

“Saat ini yang terdata parkir binaan ada 20 tempat, sedangkan sisanya masih dipegang jukir liar. Dalam pembinaan juga nanti dijelaskannya bagaimana bentuk kerjasama. Kita cari pola kerjasama dengan bagi hasil,” sebutnya, Jumat (7/4/2017).

Sementara itu, salah seorang warga Rendi mengatakan jukir liar sudah banyak tumbuh. “Setiap kita stop di sebuah toko atau tepi jalannya, sudah ada jukir yang menunggu. Mau tidak mau kita kasih juga apalagi kalau sudah ada peluitnya,” keluhnya.

Ia mengharapkan juru parkir liar ini jangan dibiarkan tumbuh, dan pemerintah juga harua menertibkannya.

Jurnalis: Ferry Cahyanti/Redaktur: Irvan Sjafari/Foto: Ferry Cahyanti

Komentar