Bupati Ajak Warga di Ciamis Makmurkan Masjid

51

SENIN, 3 APRIL 2017

CIAMIS — Bupati Ciamis, Jawa Barat, Drs. H. Iing Syam Arifien., didampingi Anggota DPRD Kabupaten Ciamis, Drs. H. Wagino dan Sugiharto, S.Ip.., serta Camat Pamarican, Yogi Ginanjar, SH., meresmikan Masjid At-Taqwa, di Dusun Cilangkap, RT 03 RW 01, Desa Pasirnagara, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Senin (3/4/2017).

Bupati Ciamis, H.Iing Syam Arifien, melakukan penandatanganan peresmian masjid At-Taqwa.

Di hadapan ratusan warga, Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifien, menjelaskan, pentingnya peran masjid dalam peradaban perkembangan dunia Islam. Bukan hanya sekadar tempat suci melaksanakan ibadah salat dan mengaji, tapi juga sebagai pusat kehidupan masyarakat muslim dan tempat kegiatan-kegiatan ibadah lainnya seperti perayaan hari besar Islam, diskusi keagamaan, kajian agama, ceramah dan belajar Al Quran.

Lebih lanjut, Bupati Ciamis H. Iing Syam Arifien, menceritakan bahwa masjid pada zaman Rasulullah SAW, dijadikan pusat pemerintahan untuk mengatur kegiatan-kegiatan pendidikan, sosial dan ekonomi.

Di bidang pendidikan, Rasulullah menjadikan masjid sekolah, pesantren dan madrasah untuk mengajar keagamaan kepada para sahabat dan pengikutnya setelah melaksanakan ibadah salat. Fungsi selanjutnya di bidang ekonomi, masjid digunakan sebagai baitul Mal yang mendistribusikan harta zakat dan sedekah kepada fakir miskin agar membantu masyarakat dari golongan kurang mampu secara ekonomi. Terakhir masjid dijadikan tempat berkumpul dan bersilaturahmi kaum muslim.

Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifien, mengingatkan kepada masyarakat khususnya di wilayah Kabupaten Ciamis akan derasnya aliran sekularisasi dan pandangan hidup materialisme, karena tanpa disadari hal-hal tersebut mengurangi peranan masjid dalam kehidupan umat Islam. Bahkan mempersempit  peran masjid menjadi terpinggirkan.

“Besarnya gelombang sekularisasi yang mempengaruhi pandangan orang terhadap agama, telah menjadikan agama dan lembaga-lembaga agama hanya sebagai pelengkap dalam kehidupan. Ini yang harus kita waspadai dan kita hadapi bersama,” ungkapnya.

Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifien, mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada masyarakat di Dusun Cilangkap, RT 03 RW 01, Desa Pasirnagara, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, yang telah turut serta membantu Pemerintah Kabupaten Ciamis dalam percepatan pembangunan yang salah satunya pembangunan manusia yang berkarakter.

“Kami pemerintah tidak dapat bekerja sendiri, namun perlu sinergitas dari masyarakat termasuk warga masyarakat di Dusun Cilangkap, RT 03 RW 01, Desa Pasirnagara, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat beserta tokoh-tokohnya untuk bersama-sama bertekad membangun Kabupaten Ciamis dengan percepatan pembangunan. Masyarakat pun diharapkan dapat memakmurkan masjid yang baru diresmikan ini,” tandasnya.

Jurnalis: Baehaki Efendi / Editor: Satmoko / Foto:  Baehaki Efendi

Komentar