Cari Solusi Banjir, Aparat di Kota Balikpapan segera Gelar Evaluasi

67

RABU, 5 APRIL 2017

BALIKPAPAN — Untuk mencari solusi pengendalian banjir yang terjadi di Kota Balikpapan, Pemerintah Kota (Pemkot) akan melakukan rapat evaluasi dengan melibatkan pihak kelurahan, kecamatan hingga Organisasi Perangkat Daerah (OPD), besok Kamis (6/4/2017) di kantor Pemkot Balikpapan.

Sri Soetantinah

Rapat evaluasi banjir yang terjadi di Balikpapan dilakukan untuk mendapat informasi dan laporan dari kelurahan, kecamatan hingga OPD. Tidak hanya evaluasi penanganan banjir yang mendapat perhatian, nanti juga akan melibatkan Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial Kota Balikpapan .

“Besok pagi (6/4/2017) pukul 08.00 kita ada rapat evaluasi mengenai banjir yang terjadi di Balikpapan. Karena banjir besarnya tidak hanya pada 30 Maret 2017 kemarin saja, sebelumnya kan sudah ada banjir dan masyarakat juga sudah tahu. Yang tadinya tidak banjir menjadi banjir,” kata Asisten II Bidang Pembangunan dan Ekonomi Kota Balikpapan, Sri Soetantinah, saat ditemui, Rabu (5/4/2017).

Menurut Sri, melalui rapat evaluasi tersebut akan dibahas laporan di tingkat kelurahan, kecamatan dan Organisasi Perangkat Daerah seperti Dinas Permukiman, Dinas Pekerjaan Umum, dan lainnya.

“Penyebab banjir apa kita harus cari, juga faktor lain yang menyebabkan banjir dan solusinya. Solusinya juga tidak harus di masalah dana atau APBD, bisa jadi pengerukan sedimentasi atau kerja bakti massal yang perlu ditingkatkan dan solusi lainnya,” jelas perempuan yang akrab disapa Tantin.

Lanjut Tantin, apabila nanti solusinya juga membutuhkan dana dalam pengendalian banjir, itu bisa dilihat lagi, pasti ada skala prioritas dan sub prioritas.

“Kalau toh membutuhkan dana, misalnya memang membutuhkan dana, nanti kita evaluasi kegiatan-kegiatan yang kemarin kita bintangi dengan tanda kutip. Karena kita juga melihat prioritas dan super prioritas,” sebutnya.

Tantin menambahkan, setelah rapat evaluasi bersama lurah, camat dan OPD itu, hasilnya akan dilaporkan ke Wali Kota Balikpapan untuk ditindaklanjuti. Langkah selanjutnya dalam pengendalian banjir.

Jurnalis: Ferry Cahyanti / Editor: Satmoko / Foto: Ferry Cahyanti

Komentar