Forum Anak, Wadah Kreativitas Anak-Anak Brebes

94

KAMIS, 6 APRIL 2017

BREBES — Sebagai upaya untuk mensosialisasikan hak-hak anak dan pemenuhannya, seperti hak hidup, hak tumbuh kembang, perlindungan dan partisipasi, kelompok aktivis dan mahasiswa Brebes Selatan menginisiasi pembentukan Forum Anak. 

Pengurus dan pembina Forum Anak usai Rapat Kerja.

Kegiatan yang sudah dimulai sejak 2013 lalu ini terus menunjukan eksistensinya dalam proses pembinaan, hingga pada 2017. Semua desa di Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes sudah membentuk Forum Anak, dengan total desa ada 13 Desa.

M. Fatkhur Rozak, M.Pd salah seorang inisiator dan pendamping serta motivator anak ini mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sejak 2013 bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3KB) Kabupaten Brebes sebagai fasilitator. 

“Kegiatan ini kami lakukan untuk pembinaan sumberdaya manusia sejak dini, dari mulai mensosialisasikan hak-hak anak, peran serta tanggungjawabnya terhadap diri sendiri, orang tua dan juga tanggungjawab terhadap pendidikan,” kata Rozak.

Dia juga mengatakan bahwa pembentukan Forum Anak ini sebagai wadah anak-anak dalam menyampaikan aspirasi. Di Forum Anak ini selain mendapatkan pengetahuan tentang hak-hak anak, setiap anak juga dipersilahkan mengeksplor bakat dan kemampuannya sehingga anak-anak tersebut akan mendapatkan sesuatu yang bersifat positif. Tentunya  dengan catatan kegiatan-kegiatan tersebut tidak mengganggu jadwal kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Karena dalam Forum Anak ini juga ada strukutur organisasi layaknya lembaga resmi lainnya, sehingga tentu punya program dan rencana kerja yang tersusun sistematis dan terukur. Sedangkan yang menjadi pengurus pada Forum Anak adalah anak dengan usia 13 tahun sampai 18 tahun, sedangkan anak usia sekolah dasar (SD). Mereka mendapat bimbingan dari pendamping anak.

Selain itu, secara umum pembetukan forum anak ini adalah dalam rangka mendorong Kabupaten Brebes sebagai kabupaten layak anak, yaitu kabupaten yang layak dihuni oleh anak-anak. Dirinya juga sangat berterimakasih dan mkengapresiasi peran Pemerintah Daerah yang telah mensupport penuh terbentuknya forum anak Se-Kecamatan Sirampog.

“Saya berharap ke depan, semua desa se-Kabupaten Brebes akan terbentuk forum anak, sehingga kualitas anak-anak di kabupaten Brebes akan berkembang cukup pesat.” tutup Rozak saat dimintai keterangan oleha Cendana News sesaat setalah menghadiri rapat Forum Anak di Kecamatan Sirampog pada 6 April 2017.

Sedangkan Adelia (16) siswi SMA kelas X yang merupakan Ketua Forum Anak mengatakan dirinya sangat senang dengan bergabung menjadi pengurus. Selain mendapatkan wawasan, pengalaman baru, teman-teman baru, dissini dia juga bisa menyampaikan aspirasi gagasannya agar ke depan Forum Anak diperkuat demi perkembangan anak-anak di Kabupaten Brebes.

Jurnalis: Adi Purwanto/Redaktur: Irvan Sjafari/Foto: Adi Purwanto

Komentar