Gubernur, Klaim Pertumbuhan Ekonomi NTB, Berkualitas

87

KAMIS,  6 APRIL 2017

MATARAM — Gubernur Nusa Tenggara Barat, Zainul Majdi, mengatakan, pertumbuhan ekonomi suatu daerah termasuk di NTB akan dikatakan berhasil dan berkualitas, bila dibarengi dengan penurunan angka kemiskinan.

Gubernur NTB, Zainul Majdi

Hal tersebut disampaikan Majdi saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2017 Tingkat Provinsi NTB, dengan Bupati dan Walikota, Kamis (6/4/2017). “Pertumbuhan ekonomi suatu daerah dikatakan berkualitas, kalau dibarengi penurunan kemiskinan, dan pertumbuhan ekonomi tersebut juga bisa dirasakan langsung oleh masyarakat” kata Majdi.

Selain itu, pertumbuhan ekonomi yang berkualitas juga akan tercermin dengan semakin banyaknya masyarakat yang terlibat sebagai pelaku ekonomi produktif dan semakin banyak pula masyarakat yang bisa menikmati. Jika pertumbuhan ekonomi tersebut telah mampu dibarengi dengan penurunan kemiskinan, masyarakat banyak terlibat dan menjadi pelaku ekonomi produktif, termasuk banyak yang menikmati, dan otomatis juga akan semakin mempersempit terjadinya kesenjangan sosial di tengah masyarakat.

“Karena itu, akan menjadi percuma suatu Kabupaten Kota mengklaim pertumbuhan ekonomi tinggi, tapi penurunan kemiskinan kecil, dan itulah yang disebut dengan pertumbuhan ekonomi yang tidak berkualitas,” katanya.

Namun demikian, Majdi mengatakan, NTB termasuk daerah dengan pertumbuhan ekonomi berkualitas, di mana tingkat pengangguran di NTB mengalami penurunan, jauh di bawah 4 persen, jauh lebih rendah dari nasional. “Angka kemiskinan di NTB pada 2016 juga mengalami penurunan menjadi 16,08 persen, lebih rendah dibandingkan angka kemiskinan pada 2015 yang mencapai 17,1 persen,’ ujarnya.

Jurnalis: Turmuzi/ Editor: Koko Triarko/ Foto: Turmuzi

Komentar