HUT ke-103 Kota Malang, Walikota Ajak Warga Introspeksi

0
29

SABTU, 1 APRIL 2017

MALANG — Berbagai elemen masyarakat, instansi pemerintahan maupun swasta, hingga beberapa tokoh lintas agama yang tergabung dalam Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB), menghadiri upacara peringatan hari jadi Kota Malang, yang diselenggarakan di halaman depan Balai Kota Malang, Sabtu (1/4/2017).

Peserta upacara

Dalam momentum upacara tersebut, Walikota Kota Malang, Mochammad Anton, mengajak masyarakat untuk bermuhasabah atau intropeksi diri merekontruksi hal-hal yang baik yang perlu untuk terus dipertahankan, serta hal-hal buruk yang harus segera diperbaiki. “Mari kita bersama dalam harmoni yang seirama dan saling menguatkan satu dengan yang lain, meski berasal dari beragam suku, adat, tradisi, bahasa dan agama, namun kebersamaan dan kekeluargaan serta persatuan dan kesatuan harus terus ditingkatkan, karena merupakan kekuatan kita bersama,” ujarnya, di hadapan para peserta upacara.

Walikota yang akbrab disapa Abah Anton, itu juga mengatakan, tantangan dari berbagai sektor pembangunan sebagai bagian dari Indonesia, Kota Malang, harus mampu menjadi penguat bagi bumi Nusantara, dalam menghadapi era global. Masyarakat Kota Malang tidak boleh hanya sebagai penonton, tetapi juga harus mampu menjadi pemain utama. Sejarah mencatat, Kota Malang telah menjadi pusat kejayaan dan kebesaran Kerajaan Dinoyo dan Kanjuruhan.

“Karena itu, kami berharap warisan budaya  tersebut mampu meningkatkan semangat daya juang bersama dalam membangun Kota Malang menjadi wilayah yang disegani. Mari kita terus berusaha untuk menjadikan Kota Malang sebagai kebanggan masyarakat, sejalan dengan tema 103 tahun Kota Malang, yakni ‘Harmoni Memperkuat Nilai kebangsaan’,” ajaknya.

Upacara HUT ke-130 Kota Malang

Lebih lanjut, Abah Anton menyampaikan, jika di hari jadi ke-103 tahun, pembangunan dan perkembangan Kota Malang telah menunjukan jati dirinya. Malang sebagai Kota Pendidikan, Malang sebagai Kota Pariwisata, harus memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang. Untuk itu, Pemerintah Kota Malang  terus bahu-membahu bekerjasama dengan elemen masyarakat yang lain, untuk terus berinovasi mengembangkan kreativitas yang ada di masyarakat guna menciptakan sebuah pembangunan dan kesejahteraan.

“Tahun ini, Kota Malang sudah melaksanakan  program E-Government yang merupakan salah satu bukti komitmen Pemerintah Kota Malang, untuk memberikan layanan yang lebih baik kepada masyarakat. Selain itu, juga E-Government sebagai bentuk transparansi kinerja kami kepada publik, sehingga masyarakat dapat mengetahui sejauh mana kinerja Pemerintah,” ungkasnya.

Jurnalis: Agus Nurchaliq/ Editor: Koko Triarko/ Foto: Agus Nurchaliq

Komentar