Indeks Pembangunan Manusia Kota Malang, Tertinggi di Jawa Timur

135

SABTU, 1 APRIL 2017

MALANG — Walikota Kota Malang, Mochamad Anton, mengatakan, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kota Malang pada 2015 mencapai 80,05 persen. Dibanding IPM Kabupaten/Kota lainnya, angka tersebut merupakan nilai IPM tertinggi di Jawa Timur. 

Mochamad Anton

Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang diiringi dengan daya saing perekonomian, meluasnya eksibilitas masyarakat terhadap layanan pendidikan dan kesehatan yang berkualitas serta meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat secara menyeluruh, Pemerintah Kota Malang telah melaksanakan berbagai upaya, di antaranya melalui peningkatan pelaksanaan anggaran pendapatan belanja daerah. Hal ini dapat terlihat dari capaian Indeks Pembangunan Manusia, baik di sektor pendidikan, kesehatan maupun daya beli.

“Angka IPM Kota Malang selalu meningkat dari tahun ke tahun. Pada 2014, IPM Kota Malang sebesar 78,96 persen, dan pada 2015 meningkat menjadi 80,05 persen. Angka IPM Kota Malang ini masih di atas IPM Jawa Timur yang hanya sebesar 68,95 persen, sekaligus tertinggi se-Jawa Timur,” terangnya, usai gelar upacara peringatan HUT Ke-130 Kota Malang, Sabtu (1/4/2017).

Menurut Abah Anton, sapaan akrabnya, hal itu menunjukkan pembangunan yang dilaksanakan di Kota Malang, mampu memberikan dampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat. Ini disebabkan adanya peningkatan realisasi dari seluruh komponen IPM, baik dari komponen pendidikan dan kesehatan, yang diindikasikan dengan angka harapan hidup maupun komponen ekonomi atau kemampuan daya beli masyarakat.

Menurutnya, salah satu bidang yang mendapat perhatian serius dari Pemerintah Kota Malang adalah sektor pendidikan. Saat ini, sudah banyak institusi pendidikan yang terakreditasi dengan taraf yang baik, mulai dari tingkat pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi. Hal tersebut menandakan, pelayanan pendidikan yang ada di Kota Malang cukup berkualitas dan mumpuni.

Seiring dengan itu, berbagai upacaya demi tercapainya peningkatan kualitas dan kemajuan pendidikan di Kota Malang, Pemerintah juga senantiasa melakukan beberapa program, di antaranya program membentuk sekolah Adiwiyata, penciptaan lingkungan sehat melalui kegiatan UKS, serta terobosan inovasi, maupun peningkatan tenaga pendidik serta tenaga kependidikan yang kesemuanya itu diharapkan mampu membentuk sumberdaya manusia berkualitas dan kompetitif. “Selain itu, Pemerintah Kota Malang  juga terus meningkatkan dan mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan melakukan pengembangan status Puskesmas yang ada menjadi Puskesmas Rawat Inap,” tutupnya.

Jurnalis: Agus Nurchaliq/ Editor: Koko Triarko/ Foto: Agus Nurchaliq

Komentar