Jalan yang Dibangun TNI dalam TMDD Sangat Bermanfaat

62

RABU, 5 APRIL 2017

MAUMERE — Pembukaan jalan baru yang dikerjakan TNI dalam hal ini Kodim 1603/Sikka sangat bermanfaat bagi warga masyarakat dan membuka keterisoliran khususnya di Desa Darat Pante dan Desa Bangkoor di Kecamatan Talibura.

Penandatanganan dan penyerahan naskah serah terima operasional TMMD ke-98 2017 oleh Bupati Sikka kepada Dandim 1603/Sikka.

Demikian dikatakan Bupati Sikka, Drs. Yoseph Ansar Rera, saat apel pembukaan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-98 di Desa Darat Pante, Dusun Napun Gelang, Kecamatan Talibura, Rabu (5/4/2017).

Pemerintah Kabupaten Sikka, kata Ansar, menetapkan tiga sektor unggulan pembangunan yakni sektor kelautan dan perikanan, pariwisata dan pertanian  khususnya tanaman perdagangan. Ketiga sektor ini harus didukung dengan berbagai sektor lain.

“Sarana dan prasarana transportasi teristimewa jalan merupakan faktor pendukung yang sangat penting untuk menunjang ketiga sektor unggulan ini,” ujarnya.

DitambahkanAnsar,  sesuai tugasnya TNI berada di garis terdepan dalam membela dan mempertahankan kemerdekaan serta kedaulatan NKR1. Namun di masa damai TN1 pun tetap mempersembahkan dharma bhaktinya bagi pertiwi dan rakyat.

Hal ini, lanjutnya, dilakukan melalui fungsi sosial lewat aksi nyata ikut serta dalam membangun masyarakat desa, termasuk dengan program TNI Manunggal Masuk Desa (TMDD) yang di tahun 2017 merupakan yang ke-98 kalinya.

“Khusus untuk TMMD 2017, diprogramkan pembukaan ruas jalan sepanjang 3 kilometer dari Desa Darat Pante ke Desa Bangkoor, beserta sejumlah program penguatan kapasitas masyarakat lainnya,” ungkapnya.

Ansar juga mengimbau kepada segenap tokoh pemimpin di Kecamatan Talibura dan masyarakat Talibura umumnya serta  khususnya masyarakat yang berada di dua lokasi  pembangunan jalan agar selalu bekerja sama dengan para prajurit TNI dalam membangun sarana dan prasarana.

“Saya mengajak semua masyarakat untuk menerima dengan penuh syukur para prajurit kita, sekaligus bekerja sama dengan mereka sebagai keluarga dan saudara dalam kebersamaan membangun desa,” pintanya.

Komandan Kodim 1603 Sikka, Letkol Infanteri Abdullah Jamali, S.Ip dalam laporan singkat kesiapan kegiatan TMMD ke-98 tahun anggaran 2017 di wilayah Kodim 1603/Sikka menyampaikan perintah pelaksanaan operasional kegiatan TMMD ke-98 tahun anggaran 2017 selama 30 hari.

“Kegiatan dalam rangka membantu meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah melaksanakan serbuan teritorial, mewujudkan ketahanan wilayah yang tangguh serta memelihara dan meningkatkan kemanunggalan TNI dan rakyat,” terangnya.

Dandim Abdullah juga menambahkan, sasaran fisik dari kegiatan TMMD ke-98 adalah pembukaan ruas jalan sepanjang 2,9 kilometer  dengan lebar 6 meter yang menghubungkan Desa Darat Pante dan Desa Bangkoor serta pembuatan turap dan penimbunan galian pilihan dengan panjang 613 meter dan lebar 7 meter.

“Sasaran non fisiknya adalah penyuluhan bela negara, wawasan kebangsaan, Kantibmas, pertanian dan peternakan, keluarga berencana serta penyuluhan teknologi tepat guna,” pungkasnya.

 Lokasi jalan yang dikerjakan dalam TMMD  ke-98 2017 oleh Kodim 1603/Sikka.

Hadir dalam kesempatan itu Wakil Ketua DPRD Sikka Donatus David, Danlanal Maumere Kolonel Marinir Firman Johan, Waka Polres Sikka Kompol M. Saleh, Waka Den B Pelopor Satbrimobda NTT AKP Yuberius Tongo Tongo, SH , MH, Kajari Maumere Azmi Tanjung, SH, MH, para kepala desa, masyarakat dan pelajar.

Jurnalis: Ebed de Rosary / Editor: Satmoko / Foto:  Ebed de Rosary

Komentar