Jembatan Waibleler di Sikka yang Putus Akibat Banjir Sudah Dapat Dilewati

0
20

SELASA, 4 APRIL 2017

MAUMERE — Jembatan Waibleler desa Hoder kecamatan Waigete kabupaten Sikka di jalan negara trans Flores yang menghubungkan kota Larantuka kabupaten Flores Timur dan kota Maumere yang terputus akibat banjir, Minggu (2/4/2017) sudah diperbaiki.

Jembatan darurat yang dibangun di jalan negara trans Flores desa Hoder kecamatan Waigete kabupaten Sikka yang sudah bisa dilewati kendaraan

Jembatan darurat yang dibangun sejak Minggu oleh pihak kontraktor dan Dirjen Bina Marga tersebut sudah bisa dilewati kendaraan baik roda dua maupun roda empat sejak Senin (3/4/2017) siang sehingga kendaraan tidak menumpuk di kedua sisi badan jalan.

“Kami sudah pasang gelagar dan jalan darurat ini sudah bisa dilewati setelah kami memperkuat strukturnya sebab ini merupakan jalan darurat saja  apalagi ini satu-satunya jalan,” sebut Pejabat  Pembuat Komitmen (PPK) 64 Satker jalan negara Trans Flores, Dirmala saat ditemui Cendana News di kantornya Selasa (4/4/2017).

Dikatakannya, sebelumnya pihaknya diminta oleh Kementrian Perhubungan agar secepatnya mengoperasikan kembali jembatan sementara maksimal 24 jam agar arus kendaraan yang akan melewati satu-satunya jalan yang menghubungkan dua kabupaten ini bisa kembali normal.

Jaembatan darurat tersebut terang Dirmala dikerjakan setelah jembatan lama dibongkar karena akan dibangun jembatan baru namun akibat bencana banjir jembatan darurat yang baru berfungsi pun ikut terbawa banjir.

“Di dalam pengerjaan jembatan tidak ada anggaran pembangunan jalan darurat sehingga dengan adanya bencana ini kami juga membantu bronjong yang sebelumnya dibuat kontraktor sudah rusak dihantam banjir,” ungkapnya.

Dirmala, PPK 64 Satker jalan negara Trans Flores

Selain itu, lanjut Dirmala, akibat hujan lebat beberapa titik ruas jalan negara ke arah timur kota Larantuka pun mengalami longsor dan banyak pohon yang tumbang namun pihaknya langsung menerjunkan alat berat dan personil sehingga ruas jalan tersebut pun sudah bisa dilewati di dua arah.

Bupati Sikka , Yoseph Ansar Rera saat ditemui Cendana News usai pelantikan Dirut PDAM Sikka Senin (3/4/2017) mengatakan, tidak ada jembatan yang putus dan yang ada hanya jembatan darurat yang dibangun sebab jembatan yang lama diganti namun akibat bencana jembatan darurat tersebut pun terputus.

“Tidak ada jembatan yang putus, itu hanya jembatan darurat saja dan memang rusak akibat bencana banjir yang memang tidak bisa diprediksi namun yang terpenting jembatan sementara sudah dikerjakan dan bisa dilewati,” ungkapnya.

Jurnalis : Ebed de Rosary / Redaktur : ME. Bijo Dirajo / Foto : Ebed de Rosary

Komentar