JPU KPK Jadwalkan Hadirkan Setya Novanto dan Anas Urbaningrum dalam Persidangan e-KTP

103

RABU, 5 APRIL 2017

JAKARTA — Persidangan putaran kelima kasus perkara dugaan penyelewengan anggaran dalam proyek pengadaan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Nasional rencananya akan kembali digelar Kamis besok (6/4/2017). Agenda persidangan masih mendengarkan keterangan yang akan disampaikan oleh saksi-saksi yang dihadirkan dalam persidangan e-KTP.

Irene Putri, anggota JPU KPK dalam persidangan kasus perkara e-KTP.

Persidangan lanjutan kasus e-KTP putaran kelima tersebut akan kembali digelar di Ruang Sidang Mr. Koesoemah Atmadja 1, Gedung Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat.

Dalam persidangan lanjutan e-KTP tersebut, rencananya akan kembali menghadirkan beberapa saksi dan juga terdakwa. Namun kebanyakan saksi-saksi yang dihadirkan dalam persidangan tersebut masih didominasi para mantan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia.

Rencananya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari pihak KPK akan menghadirkan 8 orang saksi dalam persidangan lanjutan putaran kelima kasus perkara e-KTP. Setidaknya, ada 2 saksi penting yang dihadirkan dalam persidangan, masing-masing Setya Novanto dan juga Anas Urbaningrum.

Selain menghadirkan beberapa orang saksi, persidangan e-KTP juga akan menghadirkan 2 orang terdakwa, masing-masing Irman dan Sugiharto. Keduanya merupakan mantan pejabat Direktorat Jenderal (Ditjen) Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Persidangan lanjutan kasus perkara e-KTP rencananya kembali digelar besok Kamis (6/4/2017), agenda persidangan masih mendengarkan keterangan yang disampaikan saksi-saksi yang berjumlah sekitar 8 orang dan juga masih tetap menghadirkan 2 orang lainnya yang sebelumnya telah ditetapkan sebagai terdakwa,” kata Irene Putri, JPU KPK, kepada media di Jakarta.

Sementara itu, Soesilo Aribowo, pengacara dan juga sekaligus kuasa hukum terdakwa Irman dan Sugiharto hanya tersenyum saat ditanya wartawan terkait dengan kehadiran  Setya Novanto dan Anas Urbaningrum sebagai saksi dalam persidangan. Soesilo sempat berpesan  kepada wartawan, bahwa sebaiknya bersabar dan menunggu hingga persidangan digelar besok.

Jurnalis: Eko Sulestyono / Editor: Satmoko / Foto:  Eko Sulestyono

Komentar