Kementerian Perdagangan Siap Hadapi Tuduhan Dumping Amerika Serikat

0
23

KAMIS, 6 APRIL 2017

JAKARTA — Pemerintah Indonesia saat ini tengah bersiap atau mengantisipasi terkait dengan adanya perintah dari Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. Donald Trump dalam waktu dekat berencana akan melakukan penyelidikan terhadap negara-negara yang menyebabkan perdagangan Amerika Serikat menjadi defisit.

Oke Nurwan saat jumpa pers di Kantor Kemenko Perekonomian.

Pemerintah Indonesia dalam hal ini melalui Kementrian Perdagangan (Kemendag) sedang melakukan berbagai persiapan. Salah satunya adalah untuk mengantisipasi berbagai macam jenis produk perdagangan Indonesia yang berpotensi dumping yang membuat defisit perdagangan Amerika Serikat.

Menurut daftar Kementerian Perdagangan, setidaknya ada sekitar 30 produk ekspor perdagangan Indonesia ke negara Amerika Serikat yang dapat berpotensi menimbulkan masalah dikenai tuduhan pelanggaran atau kecurangan dalam perdagangan atau dumping.

Pengertian dumping adalah suatu negara atau suatu perusahaan yang  menjual suatu barang atau produk ke pasar luar negeri (internasional) lebih murah atau lebih rendah harganya dibandingkan menjualnya di pasar dalam negeri (domestik).

Pemerintah Amerika Serikat melalui instruksi Presiden Donald Trimp saat ini sedang berupaya melakukan  pengusutan terhadap negara-negara mana saja yang dicurigai telah menyebabkan perdagangan Amerika Serikat menjadi defisit .

Dalam waktu dekat mereka akan mengumumkan negara-negara mana saja yang diduga berpotensi melakukan kecurangan atau dumping. Jika hal tersebut terbukti, maka Amerika Serikat berencana akan menjatuhkan sanksi ekonomi kepada negara yang bersangkutan.

“Terkait dengan adanya rencana Presiden Amerika Serikat Donald Trump, kita tentu saja bersiap-siap melakukan berbagai antisipasi, komoditas apa saja yang sekiranya berpotensi terkena tuduhan kecurangan atau dumping. Namun kita belum tahu komoditas mana yang bermasalah,” jelas Oke Nurwan, Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri, kepada wartawan di Kantor Kemenko Perekonomian Jakarta, Kamis (6/4/3017).

Oke Nurwan juga menjelaskan kepada wartawan, setidaknya ada sekitar 30 produk atau barang ekspor asal Indonesia yang diduga bisa berpotensi atau menyebabkan dumping dalam penilaian dan pandangan Pemerintah Amerika Serikat.

Salah satu di antaranya adalah bahan bakar alternatif atau biodiesel. Beberapa waktu lalu, National Biodiesel Board (NBB) Amerika Serikat sempat menuduh Indonesia melakukan dugaan dumping. Namun, sebaliknya, asosiasi produsen biodiesel Indonesia justru menganggap Amerika Serikat diduga sengaja melakukan proteksi atau pembatasan produk ekspor biodiesel  dari Indonesia.

Jurnalis: Eko Sulestyono / Editor: Satmoko / Foto: Eko Sulestyono

Komentar