Ketum Kohati Minta KPU dan Bawaslu Amanah Kawal Demokrasi

55

JUMAT, 7 APRIL 2017

JAKARTA — Ketua Umum (Ketum) Korps HMIwati (Kohati), Farihatin mengapresiasi kepada anggota KPU dan Bawaslu Periode 2017-2022 yang baru terpilih. Ia berharap agar Anggota KPU dan Bawaslu bisa melaksanakan amanah dengan baik dalam mengawal jalannya demokrasi di republik ini.

Ketua Kohati Farihatin,

Pernyataan itu disampaikan wanita yang akrab disapa Farih kepada cendananews.com di Sekretariat PB HMI, Jalan Sultan Agung, Jakarta Selatan, Jumat (7/4/2017).

“Saya atas nama kader-kader Kohati se-Indonesia mengucapkan selamat atas terpilihnya anggota komisioner KPU dan Bawaslu periode 2017-2022. Semoga para komisioner yang terpilih itu bisa mengkawal demokrasi yang sehat, bersih, jujur dan adil serta berguna bagi kemajuan bangsa yang kita cintai ini,” ujar Farih.

Selain itu, pimpinan organinasasi gerakan mahasiswa yang telah malang melintang seiring perjalanan republik itu juga menyayangkan minimnya keterwakilan perempuan pada lembaga penyelenggara pemilu.

“Dari tujuh anggota KPU yang terpilih, hanya ada satu perempuan yang mewakili. Begitu juga dengan anggota komisioner Bawaslu, dari lima nama yang terpilih hanya satu perempuan,” ujarnya.

Walau begitu, ia berharap pada rancangan undang-undang (RUU) Pemilu yang sedang dibahas nantinya ada pembahasan yang matang dan ada pengaturan kata yang lebih mengikat lagi tentang tentang keterwakilan perempuan.

“Karena sepertinya di UU yang ada sekarang kata yang dipakai hanya ‘memperhatikan’,” tambahnya.

Seperti diketahui, Anggota KPU RI terpilih periode 2017-2022
1.  Pramono Ubaid Tanthowi
2.  Wahyu Setiawan
3.  Hasyim Asy’ari
4.  Ilham Saputra
5.  Viryan Azis
6.  Evi Novida Ginting
7.  Arif Budiman

Anggota Bawaslu RI terpilih periode 2017-2022
1.  Ratna Dewi Petalolo
2.  Muh Afifuddin
3.  Rahmat Bagja
4.  Abhan
5.  Fritz Edwar Siregar


Jurnalis: Bayu A Mandreana/Redaktur: Irvan Sjafari/Foto: Bayu A Mandreana

Komentar