KSU Derami Segera Luncurkan Sepuluh Posdaya Mandiri Pertama di Padang

157

KAMIS, 6 APRIL 2017

PADANG — Jejak Pemberdayaan Yayasan Damandiri — Guna meningkatkan status masyarakat yang sebelumnya hanya sebagai penerima menjadi penyalur dan pengelola, Koperasi Serba Usaha (KSU) Dewantara Ranah Minang (Derami) yang beberapa waktu lalu menerima Damandiri Award Kategori Koperasi Pengelola Tabur Puja segera meluncurkan sepuluh Posdaya Mandiri tahap pertama di Kota Padang.

Suasana rapat triwulan pertama 2017 di kantor KSU Dewantara Ranah Minang.

“51 Posdaya yang sudah bekerja sama dengan Tabur Puja, 10 di antaranya akan dijadikan Posdaya Mandiri,” sebut Ketua KSU Derami, M. Hasymi, dalam rapat triwulan pertama 2017 di kantor koperasi, Kamis (6/4/2017).

Disebutkan, peluncuran tersebut akan dilaksanakan pertengahan April 2017 dan diharapkan untuk tahap berikutnya dapat segera dilaksanakan.

“Hingga akhir 2017, semua Posdaya yang ada sudah menjadi Posdaya Mandiri,” harapnya.

Manajer Tabur Puja Padang, Indra Putra, menambahkan, menyukseskan Posdaya Mandiri, pihak koperasi sudah memberikan pembekalan Sistem Komputerisasi Tabur Puja (SKTP) kepada pengelola 10 Posdaya tersebut. Selain itu, KSU Derami juga memberikan prasarana awal dengan sistem pinjaman maksimal Rp8 juta yang digunakan untuk pembelian perangkat.

“Pembekalan SKTP sudah dilaksanakan dalam tiga bulan terakhir, mulai dari pengenalan sampai mengatasi masalah,” sebut Indra Putra.

Dijelaskan, untuk Posdaya Mandiri, semua kepengurusan akan langsung ditangani oleh masyarakat yang menjadi pengelola, baik pengajuan, proses, hingga pencairan.

“Koperasi tinggal sebagai pengawas, mendroping pinjaman dan tagihan,” sebutnya.

Jurnalis: ME. Bijo Dirajo / Editor: Satmoko / Foto: Istimewa

Komentar