Mengenal Wisata Kebun Teh Kaligua Brebes

413

MINGGU, 9 APRIL 2017

BREBES — Kebun Teh Kaligua, merupakan salah satu destinasi wisata di Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Perkebunan teh ini dibuka sejak 1889 oleh seorang warga Belanda, Van De Jong. Makam Van De Jong, masih terawat sebagai bentuk penghargaan kepada pendiri saksi sejarah Kebun Teh Kaligua.

Kebun Teh Kaligua Brebes

Pengunjung juga masih bisa menyaksikan proses pembuatan teh hitam dan juga teh serbuk yang masih eksis berproduksi hingga sekarang, dan bisa membawanya sebagai buah tangan khas Perkebunan Kaligua. Obyek wisata ini terletak di kaki Gunung Slamet, pada ketinggian 1.200-2.000 meter di atas permukaan laut, dengan suhu terendah bisa mencapai 5-20 derajat celsius.

Tak heran, jika setiap sore hari perkebunan teh ini selalu diselimuti kabut tebal. Pada puncak ketinggiannya, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan yang sangat indah, yaitu puncak sakub Gunung Slamet serta menikmati hijaunya pemandangan perkebunan dengan hawa yang sangat sejuk.

Tak hanya pemandangan dan hawa yang sejuk, di tempat ini pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai lokasi wisata lainnya, seperti Tuk Bening atau sumber mata air abadi yang konon mempunyai khasiat menyembuhkan berbagai penyakit, serta bisa memberi kesan awet muda, karena mengandung unsur mineral yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Seringkali orang yang berkunjung ke Kaligua meminum langsung air dari mata air yang sangat dingin ini, serta membasuh muka dan bagian tubuh lainnya dengan harapan merasakan manfaatnya, yaitu terlihat awet muda.

Sugono, saat berada di Tuk Bening

Sugono (49), warga asli Purbalingga, mengatakan, ia dan rombongan dari Purbalingga sengaja datang karena mendapat informasi dari temannya, jika wisata di Kaligua sangat indah, sejuk, dan ada mata air abadi yang konon bisa menyembuhkan berbagai penyakit dan membuat awet muda, sehingga agenda liburannya mereka putuskan untuk mengunjungi kebun teh Kaligua.

“Kami serombongan baru pertama kali ke sini, kata teman di sini sangat enak buat refreshing, alamnya sejuk, ada mata air abadi tuk bening, serta berbagai macam lokasi wisata, akhirnya saya memutuskan untuk mengagendakan liburan kantor untuk mengunjungi kebun teh Kaligua,” kata Sugono, Mingggu (9/4/2017).

Selain itu, obyek wisata Kaligua yang cukup lengkap, berbagai wisata lain bisa dinikmati, seperti taman permainan anak-anak. Taman ini dibuat berundak menyesuaikan lokasi alam, dengan ditambah patung binatang-binatang yang bisa dinaiki oleh anak-anak yang tentu membuat anak-anak betah bermain.

Ada pula pos pengamatan yang bisa melihat pemandangan ke semua penjuru lokasi wisata. Selain melihat keindahan panorama perkebunan dan pegunungan, banyak juga spot-spot yang cukup indah untuk berfoto-foto. Dan, bagi pecinta outbond, di sini juga ada lapangan khusus outbond serta bisa digunakan untuk kemah, villa untuk bermalam, dan juga flying fox serta perahu angsa di kolam air yang sangat jernih.

Jurnalis: Adi Purwanto/ Editor: Koko Triarko/ Foto: Adi Purwanto

Komentar