Panti Dymphna Maumere Sulit Dapatkan Bantuan

0
16

JUMAT, 7 APRIL 2017

MAUMERE — Sebanyak 118 Orang Dengan Masalah Kejiwaan (ODMK) yang menghuni Panti Santa Dymphna butuh perhatian dari banyak pihak tekait pemenuhan kebutuhan hidup mereka sehari-hari sebab pengelola sangat kesulitan mendapatkan donatur yang bersedia membantu.

Sebagian penghuni Panti Santa Dymphna berpose bersama para rombongan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka.

Demikian disampaikan Kepala Panti Dymphna Maumere, Sr. Lusia CIJ, saat ditemui wartawan di sela-sela kegiatan kunjungan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka, dr. Maria Bernadina Sada Nenu, MPH., ke panti tersebut di Jalan Litbang, Napunglangir, Maumere, Jumat (7/4/2017).

“Yang menjadi kebutuhan prioritas bagi kami adalah sembako dan beberapa kebutuhan operasional lain, sehingga kami membutuhkan perhatian dari berbagai pihak dalam memenuhi kebutuhan dan pelayanan kepada 118 tuna grahita yang kami tangani,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka, Maria Bernadina Sada Nenu, dalam sambutannya ketika bertatap muka dengan para tuna grahita di aula panti Santa Dymphna mengatakan, bahwa kedatangan pihaknya ke panti ini merupakan kunjungan dari dinas untuk melihat secara langsung kondisi dan keadaan para tuna grahita.

“Sejauh ini dinas kesehatan melalui puskesmas yang ada di kota Maumere telah melakukan pelayanan kesehatan langsung di panti Dymphna secara rutin setiap hari Sabtu pada akhir bulan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Bernadina juga menjelaskan, bahwa kunjungan ini juga dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Sedunia yang mengangkat tema “Lets Talk Depresi”. Depresi menjadi salah satu penyebab utama gangguan kejiwaan yang mempengaruhi kondisi fisik dan dapat menyebabkan kematian.

“Untuk mencegah hal ini dibutuhkan pemahaman dan kepedulian masyarakat serta semua pihak untuk mencegah dan mengendalikan depresi sedini mungkin,” tegasnya.

Aris, seorang perawat di Panti Santa Dymphna menjelaskan, terapi penyembuhan yang dilakukan di tempat ini yakni setiap hari dilakukan doa bersama, olahraga bersama, terapi perilaku, terapi kognitif, dan makan bersama.

Rombongan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka bersama kepala panti dan para perawat yang bertugas.

Hadir mendampingi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka, Maria Bernadina Sada Nenu dalam kunjungan ini, sekretaris Dinas Kesehatan Dedy Benyamin, Kepala Bidang P2P Harlin Hutauruk, Kepala Puskesmas Kota Maumere Apriany F.Refanita.

Jurnalis: Ebed de Rosary / Editor: Satmoko / Foto: Ebed de Rosary

Komentar