Partai Politik Wajib Mengedukasi Masyarakat

80

JUMAT, 7 APRIL 2017
MAUMERE —Tugas pokok sebagai partai politik adalah mendidik atau mengedukasi masyarakat untuk memahami tentang tugas dan fungsi partai politik, serta pentingnya ikut berpartisipasi dalam politik.

Pengurus partai politik di Kabupaten Sikka yang hadir dalam rapat kordinasi partai politik di aula Kantor Bupati Sikka.

Demikian disampaikan Bupati Sikka Drs.Yoseph Ansar Rera saat membuka resmi Rapat Koordinasi Partai Politik Tahun Anggaran 2017 di aula Kantor Bupati Sikka,Maumere, Jumat (7/4/2017).

“Kita berharap tingkat partisipasi poltik masyarakat harus bisa lebih maksimal.  Itu bisa terjadi kalau kita sebagai partai politik salah satu tugas kita adalah mendidik mereka,” tegasnya.

Lebih lanjut Ansar menambahkan  terkait tingkat partisipasi masyarakat pada Pilkada 2013 lalu, dari 205.206 pemilih, yang menggunakan hak pilihnya hanya sebesar 68,45 persen. Artinya 31,5 persen tidak memilih sehingga di sinilah tugas dan tanggung jawab seluruh partai politik untuk mengajak masyarakat memberikan hak pilihnya.

“Saya himbau kepada seluruh partai politik untuk memberikan pemahaman politik yang baik kepada masyarakat sehingga masyarakat dapat memberikan hak pilihnya dengan baik,” pintanya.

Ansar juga memberikan apresiasi kepada seluruh pimpinan partai politik yang selama ini telah bersama–sama dan berpartisipasi dalam mendukung pemerintah untuk melaksanakan pembangunan di Kabupaten Sikka sehingga bisa berjalan dengan lancar dalam koridor dan etika politik yang baik.

Dia juga menyatakan suatu kondisi yang sangat baik memberikan pelajaran kepada masyarakat bahwa kita di kabupaten ini tetap berada dalam kebersamaan dan persatuan. Walaupun berbeda ideologi partai namun  bersatu  membangun kabupaten ini untuk kesejahteraan masyarakat.

“Kita tahu bahwa mulai tahun 2017 ini semua partai mulai dengan persiapan–persiapan. Tentu saja pemerintah mendorong agar persiapan yang dilakukan oleh partai politik untuk mengikuti berbagai ketentuan dan juga regulasi yang mengatur tentang tata cara yang baik dalam pemilihan bupati pada 2018 dan pemilihan legislatif pada 2019 nanti,” paparnya.

Rafael Raga selaku Ketua Partai Golkar Kabupaten Sikka kepada Cendana News mengatakan, partai politik hendaknya bekerja keras memberikan pendidikan politik kepada masyarakat melalui para pengurus yang ada hingga ke desa dan keluarahan agar masyarakat bisa memanfaatkan hak politik mereka.

Tujuan pelaksanaan Rapat Koordinasi Partai Politik Tahun Anggaran 2017 terang Ketua DPRD Sikka ini, sebagai media komunikasi politik untuk membangun demokrasi di Kabupaten Sikka. 

Selain itu Rakor bertujuan untuk meningkatkan koordinasi dan partisipasi partai politik dalam pembangunan daerah dan mewujudkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan banguan keuangan partai politik.

“Kita harpakan dengan adanya rapat kordinasi ini partai politik yang ada di Kabupaten Sikka bisa bersatu dan bekerja sama memperjuangkan kepentingan masyarakat,” pungkasnya.

Hadir dalam kesempatan itu Ketua DPRD Sikka, Rafael Raga, Kepala Badan Kebangpol Kabupaten Sikka Thomas Ola Peka serta para pimpinan dan bendahara partai politik lingkup se-Kabupaten Sikka. 

Bupati Sikka Yoseph Ansar Rera (tengah) bersama Ketua DPRD Sikka Rafael Raga dan Sekda Sikka Valens Sili Tupen.

Jurnalis: Ebed de Rosary/Redaktur: Irvan Sjafari/Foto: Ebed de Rosary

Komentar