Pemerintah segera Realisasi Kemudahan Dapatkan Rumah Tinggal

59

SELASA, 4 APRIL 2017

JAKARTA — Pemerintah melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Pembiayaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR), segera mempercepat terbentuknya Badan Pelaksana Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera), guna mempermudah masyarakat ekonomi bawah mendapatkan rumah tinggal. 

Basuki Hadi Mulyono, Menteri PUPR saat jumpa pers di Jakarta

Untuk itu, Pemerintah memfasilitasi digelarnya pertemuan awal Komite Tabungan Perumahan Rakyat (Komite Tapera) di Jakarta, Selasa (4/4/2017). BP Tapera nantinya akan bertanggungjawab atas penyediaan layanan tabungan perumahan bagi masyarakat yang belum memiliki rumah atau tempat tinggal.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, mengatakan, Komite Tapera akan mewujudkan pembentukan BP Tapera, paling lambat dalam waktu 2 bulan ke depan. Dengan adanya BP Tapera, semua penduduk Indonesia yang belum memiliki rumah akan mendapatkan berbagai fasilitas atau kemudahan dalam kepemilikan kebutuhan akan perumahan yang sangat terjangkau dan mudah.

Pembentukan Komite Tapera juga merupakan amanat Undang-Undang Tabungan Perumahan Rakyat (UU Tapera) nomor 4 tahun 2016, dan telah disahkan oleh Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden (Keppres) No. 67/M tahun 2016, pada 17 November 2016, yang mangatur tentang pengangkatan Ketua dan Anggota Komite Tapera.

Berdasarkan Undang-Undang Tapera nomor 4 tahun 2016, Komite Tapera terdiri dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Menteri Keuangan, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan juga melibatkan unsur profesional.

Mengacu kepada Undang-Undang Tapera, Komite Tapera akan menjalankan fungsi sebagai perumus yang menetapkan kebijakan umum strategis dalam pengelolaan Tapera. Termasuk melakukan pengawasan atas pelaksanaan tugas BP Tapera, dan menyampaikan laporan hasil evaluasi atas pengelolaan Tapera kepada Presiden Republik Indonesia.

Jurnalis: Eko Sulestyono/ Editor: Koko Triarko/ Foto: Eko Sulestyono

Komentar