Pemkot Balikpapan, Lakukan Penyisiran Obyek Wajib Pajak

91

JUMAT, 7 APRIL 2017

BALIKPAPAN — Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah telah mempersiapkan dan menjalankan strategi dalam mencapai realisasi pajak yang sudah ditargetkan Pemerintah Kota Balikpapan. Strategi itu, yakni melakukan penyisiran dan penungguan di sejumlak obyek pajak.

Sekretaris Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah, Ahdiansyah

Sekretaris Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah, Ahdiansyah, mengungkapkan target pajak daerah tahun ini sebesar Rp419 miliar. Dan, pada triwulan I tahun 2017 realisasinya baru mencapai 21,28 persen. “Proses penyisiran dan penungguan saat ini terus berjalan, pada Maret, lalu, penungguan untuk pajak parkir sudah dilakukan. Sama halnya dengan penungguan hotel juga telah dilakukan,” katanya, Jumat, (7/4/2017).

Penungguan di obyek pajak itu dilakukan untuk memantau jumlah keluar masuk pengunjung, baik itu hotel maupun parkir. “Itu untuk mendata lebih jauh dan mencocokkan datanya, apakah yang selama ini dibayarkan sesuai dengan datanya. Misalnya, berapa pengunjung yang datang ke hotel. Memang, hasil penungguan hotel kemarin di salah satu hotel, sepi,” ucapnya.

Menurut Ahdiansyah, dengan penyisiran dan penungguan yang dilakukan saat ini adalah upaya pemerintah dalam pencapaian target. “Penungguan yang sekarang lagi berjalan adalan restoran, kemarin ada 7 titik yang ditunggu dan dilanjutkan restorannya. Kalau penyisiran pajak air tanah bersama Dinas Lingkungan Hidup,” jelasnya.

Ahdiansyah menyebut, perolehan pajak restoran hingga 4 April 2017 mencapai Rp15 miliar atau 25,42 persen dari target sebesar Rp61 miliar. Dengan upaya penungguan, harapannya perolehan pajak dapat ditingkatkan. Sementara perolehan pajak hotel hingga 4 April 2017 mencapai Rp10 miliar atau 22,00 persen.

Selain itu, upaya yang dilakukan, yakni pencetakan Pajak Bumi Bangunan (PBB) sebanyak 200-an ribu Wajib Pajak. Pembayaran PBB sejak sirat diberikan hingga enam bulan ke depan. “Targetnya bulan ini akan mulai dibagikan, sehingga Wajib Pajak sudah dapat mempersiapkannya,” pungkasnya.

Jurnalis: Ferry Cahyanti/ Editor: Koko Triarko/ Foto: Ferry Cahyanti

Komentar