Pemkot Malang Gelar Festival Kuliner 2017

78

SABTU, 8 APRIL 2017

MALANG — Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), bekerjasama dengan Asosiasi Kuliner Indonesia menggelar Festival Kuliner dan Bazar Kuliner di sepanjang Jalan Kertanegara dan Jalan Gajahmada, Sabtu (8/4/2017).

Festival dan Bazar Kuliner

Festival kuliner dalam rangka memeriahkan HUT Ke-103 Kota Malang, diikuti oleh 40 peserta pelaku industri pariwisata seperti hotel, restoran dan catering, dan bazar kuliner diisi kurang lebih 75 peserta dari Asosiasi Kuliner Indonesia. “Nantinya pemenang festival kuliner ini akan dikirim ke tingkat Provinsi Jawa Timur, untuk mewakili Kota Malang,” jelas Kepala Disbudpar, Ida Ayu Made Wahyuni.

Ida menerangkan, dalam festival kuliner ini para peserta boleh menggunakan bahan beras, ubi, jagung, yang kemudian dikombinasikan dengan tempe dan daging. Para peserta diwajibkan menyajikan menu pembuka, menu utama dan menu penutup serta mendemonstrasikannya di depan dewan juri, kurang lebih 20 menit.

Menurut Ida, tujuan diadakannya festival kuliner adalah sebagai upaya menunjang program Pemerintah, karena kuliner merupakan salah satu sub sektor kreatif unggulan dari Badan Ekonomi Kreatif. Dan, kebetulan Kota Malang juga terkenal akan wisata kulinernya. “Melalui kegiatan ini, harapan kami ingin menggali kreasi dan kreativitas masyarakat dalam mengembangkan kuliner, sehingga di Kota Malang ini bisa tercipta menu-menu baru yang beragam,” terangnya.

Untuk dapat terus mengembangkan dan memajukan kuliner Kota Malang, tidak lama lagi  Pemkot Malang pada tahun ini juga akan membuka pusat kuliner di malam hari.

Ida Ayu Made Wahyuni.

Ida juga menyebut, pihaknya telah menyediakan berbagai hadiah berupa uang jutaan rupiah, sertifikat dan tropi bagi para pemenang festival kuliner. Untuk juara pertama, akan mendapatkan hadiah 6 juta rupiah, tropi dan sertifikat. Juara dua mendapatkan 3 juta rupiah, tropi dan sertifikat. Sedangkan juara tiga mendapatkan uang 2 juta rupiah ditambah tropi dan sertifikat.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Malang, Dewi Farida Suryani, mengaku sangat mengapresiasi kegiata festival kuliner yang diselenggarakan oleh Disbudpar. Dengan adanya kegiatan tersebut, bisa membuat kuliner Kota Malang semakin mendunia. “Mudah-mudahan kuliner di Kota Malang bisa terus berkembang. Tidak hanya di tingkat nasional, tapi juga di kenal di tingkat internasional. Saya yakin, sekarang wisata-wisata di Kota Malang sudah menjadi salah satu favorit bagi wisatawan lokal maupun asing, tidak kecuali wisata kulinernya,” pungkasnya.

Jurnalis: Agus Nurchaliq/ Editor: Koko Triarko/ Foto: Agus Nurchaliq

Komentar