Pengerukan Sedimen, Jangka Pendek Antisipasi Banjir

38

RABU, 5 APRIL 2017

BALIKPAPAN — Penanganan persoalan banjir di Balikpapan menjadi fokus pemerintah kota Balikpapan. Ada tiga titik penanganan banjir yang menjadi fokus utama yakni Jalan MT Haryono, Sungai Ampal hingga akses jalannya. 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Balikpapan Tara Alorante.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Balikpapan Tara Alorante mengungkapkan dalam penanganan persoalan banjir yang terjadi terdapat tiga solusi yakni jangka pendek, menengah dan panjang.

“Jangka pendeknya kita pengerukan sedimen drainase di jalan MT Haryono dekat Global Sport hingga sekitar kantor Capil.selanjutnya sumber sedimennya kita benahi,” ucapnya Rabu, (5/4/2017).

Disebutkannya, peralatan pengerukan sedimen akan disiapkan tiga alat yang berada di unit Pelaksana Teknis PU. “Anggarannya rutin saja untuk membeli solar. Saya lupa persisnya berapa,” tandasnya.

Selain itu, Tara mengatakan program PU melakukan normalisasi pelebaran parit sisi kanan dan kiri hingga ke Sungai Ampal.

“Lagi-lagi usulan itu berbenturan dengan ketiadaan anggaran” tandasnya.

Terpisah, Wakil Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud mengatakan ada tiga titik yang saat ini menjadi fokus pemerintah seperti Jalan MT Haryono, Sungai Ampal hingga jalan yang tidak mengganggu aktivitas masyarakat.

“Kita tetap fokus pada penanganan banjir. Ada analisanya nanti dari instansi terkait,” ujarnya.

Sedangkan persoalan anggaran, Rahmad menambahkan akan diambil dari SKPD dengan melihay prioritas anggaran yang ada.

Jurnalis: Ferry Cahyanti/Redaktur: Irvan Sjafari/Foto: Ferry Cahyanti

Komentar