Persiapkan USBN, SMPN 1 Penengahan Gelar Latihan

175

SENIN, 03 APRIL 2017

LAMPUNG — Ratusan siswa kelas IX Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri Penengahan mulai menggelar latihan ujian sekolah (LUS) tahun ajaran 2016/2017 untuk menghadapi ujian sekolah berstandar nasional (USBN) tingkat SMP sederajat yang akan digelar pada 17 April mendatang. 

Para siswa dengan serius mengerjakan mata pelajaran yang diujikan dalam LUS

Kepala Sekolah SMPN 1 Penengahan, Drs. Cik Ujang menyebutkan, latihan digelar dengan 12 mata pelajaran yang akan diujikan yakni Bahasa Indonesia, Pendidikan Agama, Matematika, PKN, Bahasa Inggris, Seni Budaya, IPA, TIK/Prakarya, IPS, Penjas Orkes, Bahasa Lampung dan Sulam Tapis. Sebanyak 305 siswa kelas IX dengan sembilan rombongan belajar atau kelas melaksanakan latihan ujian sekolah sesuai jadwal mulai Senin (3/4) hingga Sabtu (8/4) mendatang.

“Dengan adanya latihan ujian sekolah tersebut para siswa akan dipersiapkan dengan matang untuk mengerjakan soal-soal yang akan diujikan,” sebutnya saat dikonfirmasi di ruang pengawas setempat, Senin (3/4/2017).

Meski hanya latihan ujian sekolah pelaksanaan LUS tersebut ungkap Drs. Cik Ujang dilakukan proses pengawasan oleh guru dengan sistem silang.

Drs.Cik Ujang Kepala Sekolah SMPN 1 Penengahan menunjukkan jadwal latihan ujian sekolah SMP

“Kalau proses pengawasan dalam ujian nasional nanti proses pengawasan dilakukan dengan sistem silang guru dari sekolah lain di rayon SMP namun untuk latihan ujian sekolah masih menggunakan guru dari SMPN 1 Penengahan,” terang Kepala Sekolah SMPN 1 Penengahan, Drs.Cik Ujang.

Selain persiapan dengan latihan ujian sekolah, Drs.Cik Ujang mengungkapkan dengan memiliki sebanyak 47 tenaga pendidik, SMPN 1 Penengahan juga melakukan persiapan bagi anak anak didiknya menghadapi USBN dengan melakukan proses tambahan pelajaran (bimbingan belajar). Pemberian bimbingan dilakukan agar siswa dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi USBN yang akan digelar dalam waktu dekat.

Sementara itu kepala bidang Kurikulum SMPN 1 Penengahan, Supangat mengungkapkan, mata pelajaran yang akan diujikan dalam UN dan USBN tingkat SMP pada tahun 2017 ini tidak berbeda dengan tahun sebelumnya.

Sebagai salah satu sekolah yang mengikuti USBN dan UN, Supangat mengungkapkan keterbatasan fasilitas dan banyaknya siswa yang ada di sekolah tersebut khusus untuk kelas IX membuat sekolah tersebut belum mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UBK). Pada tahun 2017 ini pelaksanaan ujian nasional oleh SMPN 1 Penengahan masih menggunakan sistem ujian nasional berbasis kertas atau paper based test (PBT).

“Selain belum adanya fasilitas jumlah siswa kita sangat banyak dan pelaksanaan ujian berbasis komputer belum bisa dilakukan karena media komputernya belum ada,” terang Supangat.

Pantauan Cendana News mata pelajaran yang diujikan selama pelaksanaan Latihan Ujian Sekolah dalam sehari diujikan dua mata pelajaran. Mata pelajaran pertama diujikan mulai pukul 07:30 WIB hingga pukul 09:00 WIB setiap harinya dan mata pelajaran kedua dimulai pukul 09:30 WIB hingga pukul 11:30 WIB setiap harinya. Selama pelaksanaan latihan ujian sekolah setiap kelas diawasi satu guru pengawas dan siswa dilarang membawa tas ke dalam kelas.

Jurnalis : Henk Widi / Redaktur : ME. Bijo Dirajo / Foto : Henk Widi

Komentar