Pertengahan April 2017, Overpass Jalinsum, Siap Dioperasikan

55

KAMIS, 6 APRIL 2017

LAMPUNG — Pembangunan jalan overpass Jalan Trans Sumatera (Jalinsum) yang di bawahnya digunakan sebagai Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), ruas Bakauheni-Terbanggibesar, dipastikan selesai pada akhir April, ini. Proses pengerjaan akses jalan di STA 07 atau di depan Kantor Balai Karantina Pertanian Kelas I Wilayah Kerja Pelabuhan Bakauheni, itu telah memasuki proses pengaspalan.

Proses rigid pavement JTTS di ruas Bakauheni-Terbanggibesar

General Affair PT Pembangunan Perumahan (PP), Yus Yusuf, saat dikonfirmasi, Kamis (6/4/2017), mengatakan, setelah selesai proses pembangunan overpass tersebut, pengendara dari arah Bandarlampung menuju Pelabuhan Bakauheni dan sebaliknya, kembali bisa menggunakan jalan tersebut setelah selama hampir 8 bulan harus menggunakan jalur yang dialihkan. Setelah proses pengerjaan pembuatan overpass tersebut, pengalihan jalur yang sudah dilakukan akan dibongkar dan bisa digunakan untuk akses lalu-lintas semua jenis kendaraan.

“Saat ini proses pengaspalan dan menunggu pengeringan, namun setelah proses tersebut selesai masih dilanjut proses pembuatan pagar dan rambu-rambu jalan, jadi baru bisa dilintasi dua pekan ke depan,” ungkap Yus, melalui telepon selulernya.

Penggunaan overpass yang merupakan jembatan penghubung pengganti Jalan Lintas Sumatera yang terlintasi proyek JTTS di Desa Hatta tersebut dipastikan akan bisa digunakan dua pekan ke depan atau pertengahan April ini, diharapkan bisa memperlancar arus lalu-lintas yang selama ini terhambat aktivitas kendaraan pengangkut material di dekat overpass tersebut. Setelah dipastikan semua kendaraan kembali bisa melintas di upperpass tersebut, jalur pengalihan berupa jalur rigid pavement yang dibuat akan dibongkar dan dilanjutkan dengan proses pengerjaan proyek JTTS di bagian bawah.

Yus juga mengatakan, selain penyelesaian overpass tersebut, proses pengerjaan akses jalan menuju ke pintu masuk Pelabuhan Bakauheni juga sedang dalam tahap penyelesaian dengan proses pemindahan beberapa kantor pelayanan pemeriksaan, di antaranya Seaport Interdiction dan beberapa kantor lainnya. Jalan yang dibuat berupa jalan layang tersebut akan terkoneksi dengan loket pembelian tiket kendaraan yang akan menyeberang menggunakan kapal di Dermaga Pelabuhan Bakauheni.

Yus Yusuf

Proses pengerjaan proyek JTTS dari Bakauheni menuju ke Sidomulyo yang dikerjakan oleh PT Pembangunan Perumahan terus dikebut, meski kendala cuaca hujan kerap menghambat proses pengerjaan jalan tol tersebut. Berdasarkan pantauan Cendana News, proses pengerjaan JTTS terus dikebut termasuk pintu keluar di Desa Hatta, Kecamatan Bakauheni, yang berada di Paket I Bakauheni-Sidomulyo, dari STA 00 Bakauheni hingga STA 39 di Sidomulyo.

Pembangunan JTTS ruas Bakauheni Terbanggibesar dengan panjang 140,938 kilometer dikerjakan oleh beberapa pelaksana pembangunan, di antaranya Seksi 1 oleh PT Pembangunan Perumahan (PP), Seksi 2 oleh PT Waskita Karya, Seksi 3 oleh PT Adhi Karya dan Seksi 4 dikerjakan oleh PT Wijaya Karya di bawah Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang dipegang oleh PT Hutama Karya.

Jurnalis: Henk Widi/ Editor: Koko Triarko/ Foto: Henk Widi

Komentar