Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Kuartal Pertama Diprediksi 5 Persen

33

JUMAT, 7 OKTOBER 2017

JAKARTA — Pemerintah memprediksi pertumbuhan perekonomian Indonesia selama Kuartal Pertama (1) 2017 diprediksi bisa tumbuh hingga 5 persen. Demikian dikatakan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Darmin Nasution di kantornya, kompleks Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Jumat (7/4/2017).

Menko Pereknomian Darmin Nasution.

Menko Perekonomian Darmin Nasution menjelaskan banyak faktor yang menyebabkan membaikanya pertumbuhan perekonomian Indonesia selama kuartal pertama 2017. Salah satunya adalah membaiknya kinerja pertumbuhan ekonomi khususnya di sektor perdagangan yang menunjukkan ke arah yang positif terutama di bidang investasi.

Dengan demikian maka kedepannya diharapkan akan dapat mempercepat pertumbuhan perekonomian lebih tinggi. Bahkan Darmin Nasution berani memprediksi pertumbuhan ekonomi sepanjang kuartal pertama kemungkinan terus membaik  dibandingkan dengan periode kuartal pertama pada tahun sebelumnya tahun 2016.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik, pertumbuhan ekonomi di Indonesia di kuartal pertama tahun sebelumnya atau 2016 mencapai 4,92 persen sepanjang tahun 2016 atau secara Year on Year (YoY), angka tersebut juga lebih tinggi jika dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi pada 2015 yang mencapai 4,73 persen.

“Kita tentu saja harus tetap optimis terkait semakin membaiknya pertumbuhan ekonomi Indonesia selama kuartal pertama tahun 2017 yang diprediksi mampu tumbuh hingga 5 persen, itu sedikit lebih baik jika dibandingkan dengan pertumbuhan perekonomian di IndonesI pada kuartal yang sama tahun sebelumnya, atau Kuartal pertama tahun sebelumnya (2016,” ujarnya.

Jurnalis: Eko Sulestyono/Redaktur: Irvan Sjafari/Foto: Eko Sulestyono

Komentar