Pilkada DKI Jakarta Putaran Kedua Jadi Hari Libur

67

KAMIS, 6 APRIL 2017

JAKARTA — Putaran kedua Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang digunakan untuk memilih Gubernur Provinsi DKI Jakarta yang akan digelar pada 19 April nanti akan ditetapkan sebagai hari libur.

Soni Soemarsono

Pernyataan itu disampaikan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Soni Soemarsono, di Kantor Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta Balaikota, Jakarta Pusat, Kamis (6/4/2017).

“Saat Pilkada putaran kedua nanti akan diliburkan, sesuai dengan aturan dalam undang-undang,” ujar pria yang akrab disapa Soni itu di Balaikota, Jakarta Pusat, Kamis (6/4/2017).

Menurut Soni, penetapan hari libur akan diatur dan dikeluarkan secara resmi oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Ia mengingatkan, penetapan hari libur ditujukan agar pemilih atau warga Jakarta dapat menggunakan haknya untuk memilih calon pimpinan wilayah provinsi.

“Jadi hari libur itu untuk berkontribusi dalam pesta demokrasi guna memilih gubernur yang akan memimpin di ibu kota DKI Jakarta,” tambahnya.

Ia juga menambahkan, penetapan hari libur hanya berlaku di Provinsi DKI Jakarta saja yang menyelenggarakan Pilkada putaran kedua, sedangkan di  daerah lain tidak berlaku. Kepada pegawai atau pekerja yang tinggal di luar Jakarta, seperti Bogor, Tangerang, Bekasi atau Depok, juga  bisa menikmati hari libur itu karena kantornya yang di Jakarta akan diliburkan.

“Mereka (pegawai atau karyawan perusahaan yang kantornya ada di wilayah Provinsi DKI Jakarta-redaksi) juga tetap libur. Para pekerja diliburkan agar benar-benar bisa mengikuti pemilihan dan menyampaikan hak pilih politiknya,” tambahnya.

Jurnalis: Bayu A. Mandreana / Editor: Satmoko / Foto: Bayu A. Mandreana

Komentar