Polda Metro Jaya Amankan Pembeli Satwa yang Dilindungi

61

SELASA, 4 APRIL 2017

JAKARTA—- Unit V Subdit 3 Sumdaling Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dit Reskrimsus) Polda Metro Jaya mengamankan satu pelaku berinisial AM (42) karena telah memelihara satwa yang dilindungi tanpa dilengkapi surat izin dari instansi terkait.

Barang bukti yang disita polisi

AM sebagai pembeli diduga telah melakukan tindak pidana di bidang konservasi sumberdaya daya alam hayati (KSDA) dan ekosistemnya yaitu berkenaan dengan sengaja menyimpan dan memiliki, memelihara dan memperniagakan satwa dan bagian bagian tubuhnya yang dilindungi negara sebagaimana telah diatur dalam Undang-Undang RI Nomor 5 Tahun 1990.

“Dirumah pelaku, polisi berhasil amankan satu ekor orang utang (pongo pygmaeus), satu ekor harimau dahan (Neofelis Nebolusa) dan satu ekor beruang madu (Helarctos Malaynus) dalam keadaan hidup,” Kabid Humas Polda Metro Jaya, Raden Prabowo Argo Yuwono di Dit Reskrimsus, Polda Metro, Selasa (4/4/2017).

Dari keterangan tersangka, kegiatan jual beli satwa ini, jelas Argo, awalnya dari akses internet (Instagram). Lewat dunia maya inilah  tersangka AM yang sangat menyukai binatang membuat janji dengan penjual, Untuk orangutan seharga 23 Juta, beruang madu 15 juta, sedangkan harimau dahan 60 juta, setelah transaksi langsung dikirim.

“Jadi, perbuatan ini tidak diperbolehkan UU, karena satwa ini dilindungi,” ujarnya.

Akibat perbuatan tersangka membeli satwa yang dilindungi Negara, pelaku dijerat dengan pasal 40 ayat 2 yakni dengan pidana penjara paling lama lima tahun dan denda seratus juta rupiah.

Jurnalis : Adista Pattisahusiwa / Redaktur : ME. Bijo Dirajo / Foto : Adista Pattisahusiwa

Komentar